Kebijakan Privasi

Kebijakan Privasi
Kebijakan Privasi

PT Krom Bank Indonesia Tbk (“Bank” atau “Kami”) menyusun Kebijakan Privasi ini (“Kebijakan Privasi”) untuk menjelaskan pengumpulan, penggunaan, pengungkapan dan perlindungan informasi yang pengguna berikan selama menggunakan aplikasi mobile Kami (“Aplikasi Krom”), situs web Kami dan layanan Kami lainnya (secara bersama-sama disebut sebagai “Layanan”). Kami sepenuhnya memahami bahwa melindungi dan menjaga informasi pengguna (“Anda” atau “Pengguna”) merupakan aspek yang sangat penting guna membangun kepercayaan Anda kepada Kami.

Dengan menggunakan Layanan, Anda menyetujui pengumpulan, pengungkapan dan penggunaan lainnya atas data pribadi Anda sebagaimana dijelaskan dalam Kebijakan Privasi ini. Di Bank, Kami terus melakukan pengembangan dan Kebijakan Privasi Kami dapat diperbarui dari waktu ke waktu. Kami tidak akan melakukan perubahan terhadap Kebijakan Privasi tanpa memberikan pemberitahuan lebih dulu mengenai perubahan tersebut melalui kanal layanan Kami. Dengan terus menggunakan Aplikasi Krom dan/atau Layanan, Anda dianggap telah menyetujui setiap perubahan dari Kebijakan Privasi (apabila ada). Anda disarankan untuk melakukan pengecekan secara berkala terhadap Kebijakan Privasi ini untuk memastikan Anda memahami setiap perubahan dari Kebijakan Privasi (apabila ada).

Ketentuan sehubungan dengan cara pengumpulan, penggunaan dan pengungkapan data pribadi dari pengguna Layanan dalam Kebijakan Privasi ini wajib dibaca dan dipahami bersamaan, atau menjadi satu kesatuan dengan, Syarat dan Ketentuan (“Syarat dan Ketentuan”) dan Perjanjian Penggunaan (“Perjanjian Penggunaan”) yang disetujui dan/atau ditandatangani bersamaan dengan pembukaan rekening Nasabah pada Aplikasi Krom (“Rekening”). Kecuali didefinisikan secara spesifik di dalam Kebijakan Privasi ini, istilah yang tidak didefinisikan dalam Kebijakan Privasi ini akan mengacu pada istilah yang diatur dalam Perjanjian Penggunaan.

Kebijakan Privasi ini menjelaskan mengenai:

  • Informasi yang Kami Kumpulkan;

  • Bagaimana Kami Menggunakan Informasi Anda Yang Kami Kumpulkan;

  • Pengungkapan Informasi Anda kepada Pihak Ketiga;

  • Akses ke, atau Pembetulan, terhadap Informasi Anda;

  • Penarikan Persetujuan;

  • Penghapusan Atas Informasi Anda dan Hak Anda;

  • Penyimpanan Atas Informasi Anda;

  • Perlindungan Atas Informasi Anda;

  • Hubungan dengan Situs Lain;

  • Pengalihan atau Pengakhiran Usaha;

  • Komplain;

  • Kontak Detail

  1. Informasi yang Kami Kumpulkan

    • Informasi Pendaftaran. Saat Anda membuat Rekening, Kami meminta Anda untuk memberikan informasi pribadi, termasuk namun tidak terbatas pada nama, alamat, informasi kartu identitas, informasi biometrik, e-mail, sumber penghasilan, pekerjaan, penghasilan per bulan, Nomor Pokok Wajib Pajak, dan pada tahap selanjutnya Kode Sandi. Kami juga dapat meminta Anda untuk melakukan personalisasi pengalaman pengguna Anda dengan informasi lain seperti lokasi dan preferensi Anda, serta meminta informasi lainnya tentang Anda saat Anda melakukan pendaftaran diri untuk menggunakan Layanan. Informasi ini secara bersama-sama disebut sebagai “Informasi Pendaftaran”.

    • Nomor Handphone. Saat Anda melakukan pembukaan rekening dan/atau untuk keperluan keamanan akun Anda pada Aplikasi Krom (termasuk namun tidak terbatas pada pengiriman kode unik dan/atau OTP untuk otorisasi transaksi), Kami memerlukan nomor handphone Anda yang akan kami gunakan untuk dapat menerima kode unik dan/atau OTP tersebut dan juga untuk keperluan verifikasi, serta keperluan-keperluan lainnya terkait penyediaan Layanan, termasuk layanan pelanggan (customer service).

    • ID Pengguna. Saat pemasangan Aplikasi Krom dilakukan, Kami membuat nomor identifikasi khusus yang berkaitan dengan pemasangan perangkat lunak tersebut (“ID Pengguna”).

    • Informasi Penggunaan. Kami juga mengumpulkan informasi mengenai cara Anda menggunakan Layanan Kami, termasuk cara Anda melihat dan berinteraksi dengan konten, bagian Layanan Kami yang Anda gunakan, informasi yang Anda cari, konten yang Anda lihat dan tindakan yang Anda lakukan melalui Aplikasi KROM.

    • Data Log. Saat Anda menggunakan Layanan Kami, secara otomatis Kami merekam informasi mengenai penggunaan Anda (“Data Log”). Data Log ini dapat memuat informasi seperti alamat Protokol Internet (IP) komputer atau perangkat bergerak Anda, waktu dan tanggal akses, dan statistik lainnya.

    • Informasi Mengenai Akun Email Pribadi (“Akun Pribadi”). Sebagai pengguna Layanan Kami, Anda dapat menghubungkan satu atau lebih banyak layanan yang disediakan oleh pihak ketiga (seperti akun Gmail, Hotmail, Outlook, Apple ID Anda, dan/atau layanan lainnya yang ditentukan dari waktu ke waktu oleh Bank). Ketika Anda menghubungkan Akun Pribadi Anda, Kami mengumpulkan informasi seperti antara lain nama akun, usia akun, usia Anda, lokasi, jenis kelamin, dan volume dan kecepatan e-mail. Jika Anda ingin membuat pengecualian sewaktu-waktu dalam memberikan akses data tersebut kepada Kami, Anda dapat melakukannya melalui pengaturan Akun Pribadi sebagaimana relevan.

    • Survei dan Promosi. Dari waktu ke waktu, Kami dapat memberikan Anda kesempatan untuk berpartisipasi dalam survei, kontes, undian atau kegiatan serupa melalui Layanan Kami. Jika Anda berpartisipasi, Kami dapat meminta informasi tambahan tertentu dari Anda.

  2. Bagaimana Kami Menggunakan Informasi Anda Yang Kami Kumpulkan

    Bank merupakan pemilik tunggal dari semua informasi yang Pengguna berikan selama menggunakan Layanan Kami. Kami tidak akan menjual, menukar, membagikan ataupun memperlihatkan informasi Pengguna kepada pihak lain untuk tujuan yang tidak disetujui oleh Pengguna atau tidak dinyatakan di dalam Kebijakan Privasi ini dan perubahannya dari waktu ke waktu sesuai pemberitahuan kepada Pengguna dan/atau Syarat dan Ketentuan dan Perjanjian Penggunaan. Bank akan selalu berupaya untuk menjaga keamanan informasi Pengguna dan melindunginya terhadap manipulasi, pemalsuan, akses dan pengungkapan yang tidak bertanggung jawab.

    Kami dapat menggunakan informasi Pengguna yang dikumpulkan melalui Layanan Kami untuk tujuan sebagai berikut:

    1. mempertimbangkan dan/atau mengolah pengajuan atau registrasi Anda untuk dapat menggunakan Aplikasi Krom dan/atau untuk menggunakan Layanan;

    2. pembukaan Rekening pada Bank;

    3. mengelola, mengoperasikan, menyediakan dan/atau mengurus penggunaan serta akses Anda ke Layanan;

    4. mengembangkan Aplikasi KROM dan/atau Layanan;

    5. berurusan dengan atau memfasilitasi layanan pelanggan (customer service), melaksanakan instruksi Anda, dan/atau menghubungi atau berkomunikasi dengan Anda;

    6. penyelesaian perselisihan, termasuk untuk keperluan penagihan kewajiban-kewajiban Anda yang terutang kepada Bank;

    7. mencegah atau menyelidiki kejadian atau dugaan kejadian penipuan, kegiatan yang melanggar hukum, atau hal-hal serupa lainnya terkait dengan hubungan Anda dengan Kami dan/atau penggunaan Layanan;

    8. identifikasi, verifikasi dan analisa internal Bank;

    9. tujuan lain yang akan kami beritahukan kepada Anda pada saat meminta persetujuan Anda; dan/atau

    10. tujuan lain sebagaimana diwajibkan atau diperbolehkan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

    Dengan menyetujui Kebijakan Privasi ini, Anda menyetujui bahwa Kami dapat melakukan pemrosesan data pribadi Anda untuk tujuan di atas tanpa memerlukan persetujuan lebih lanjut dari Anda sebelumnya.

    Kami juga dapat menggunakan Informasi Pendaftaran Anda untuk mengirimkan kepada Anda (termasuk namun tidak terbatas melalui e-mail dan/atau Short Message Service (SMS) ke nomor telepon Anda): (i) pesan penting mengenai Layanan, dan (ii) materi pemasaran dan non-pemasaran sehubungan dengan Layanan atau suatu produk tertentu yang menurut Kami menarik bagi Anda dengan syarat Anda telah memberikan persetujuan secara tegas untuk menerima materi pemasaran mengenai Layanan. Apabila Anda setuju untuk menerima materi pemasaran, dengan ini, Anda memberikan persetujuan Anda untuk menerima pesan serta materi pemasaran atau non-pemasaran yang Kami kirimkan baik melalui e-mail, SMS atau sarana komunikasi lainnya. Jika sewaktu-waktu Anda memutuskan untuk tidak lagi ingin menerima komunikasi pemasaran dari Kami, silakan ikuti instruksi berhenti berlangganan yang diberikan dalam komunikasi tersebut, atau Anda dapat menghubungi Kami melalui support@krom.id.  

  3. Pengungkapan Informasi Anda Kepada Pihak Ketiga

    Dengan menyetujui Kebijakan Privasi ini, Anda menyetujui bahwa informasi Anda dapat kami bagikan dengan perusahaan, organisasi, pihak dan individu lain (masing-masing disebut sebagai “Pihak Ketiga“) sehubungan dengan penyediaan layanan Kami kepada Anda dan Pengguna Kami lainnya. Dengan tunduk pada hukum yang berlaku, informasi Anda juga dapat dibagikan kepada anak perusahaan dan/atau perusahaan afiliasi Kami yang lain yang melakukan pekerjaan atau layanan kepada Kami dalam pemberian Layanan dan dalam rangka pemberian atau memfasilitasi layanan-layanan keuangan kepada Nasabah apabila Nasabah memilih untuk menggunakan layanan keuangan yang disediakan oleh pemegang saham pengendali, anak perusahaan, dan/atau afiliasi dari Bank, termasuk kegiatan cross selling (apabila ada).

    Kami juga berhak untuk memberikan informasi Anda kepada Pihak Ketiga yang bertempat di luar negeri dengan tunduk pada ketentuan yang berlaku untuk tujuan penyediaan layanan Bank kepada Anda atau penyediaan layanan pihak ketiga tersebut kepada Anda dengan syarat bahwa Anda telah memberikan persetujuan terlebih dahulu atas pembagian data pribadi Anda kepada pihak ketiga dimaksud dan/atau penggunaan layanan pihak ketiga dimaksud.

    Sejauh diperbolehkan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan persetujuan Anda sebelumnya, informasi Anda dapat Kami ungkapkan kepada Pihak Ketiga tunduk pada ketentuan di bawah ini:

    • Informasi yang Anda Bagikan. Penggunaan Layanan Kami dirancang untuk tujuan pribadi. Seluruh data yang Anda ungkapkan tidak akan dibagikan dengan orang lain.

    • Dengan Persetujuan Anda. Kami dapat mengungkapkan informasi yang Kami kumpulkan kepada Pihak Ketiga untuk keperluan identifikasi dan verifikasi Nasabah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan/atau mengirimkan kepada Anda berbagai materi pemasaran dan promosi yang berkaitan dengan produk dan/atau layanan pihak ketiga tersebut yang mungkin bekerja sama atau terikat dengan Kami, jika Kami telah mendapat persetujuan Anda sebelumnya.

    • Cookies dan Teknologi Lain. Layanan Kami mungkin menggunakan “cookies” untuk mengumpulkan informasi. Cookie merupakan sebuah berkas berupa informasi yang tersimpan di komputer Anda (termasuk tablet dan smartphone Anda). Kami mungkin menggunakan “persistent cookies” untuk menyimpan nama pengguna dan kata sandi masuk Anda untuk masuk ke Layanan di masa mendatang. Kami juga mungkin menggunakan “session ID cookies” untuk mengaktifkan fitur Layanan tertentu atau untuk membantu Kami memahami bagaimana Anda berinteraksi dengan Layanan. Anda dapat memerintahkan browser web Anda agar berhenti menerima cookies atau memperingatkan Anda sebelum menerima cookies tertentu atau secara keseluruhan. Akan tetapi, jika Anda tidak menerima cookies, Anda mungkin tidak dapat menggunakan aspek-aspek Layanan tertentu. Cookies yang ditempatkan pada perangkat atau komputer Anda oleh Kami atau situs pihak ketiga atau layanan mana pun yang dapat Anda akses melalui Layanan mungkin tetap tersimpan pada perangkat atau komputer Anda sampai Anda menghapusnya.

      Selain itu, Kami bekerja sama dengan perusahaan pihak ketiga yang menggunakan cookies dan teknologi pelacak lain untuk mengumpulkan informasi yang tidak dapat digunakan untuk identifikasi mengenai aktivitas Anda di situs web dan Layanan Kami untuk membantu Kami memahami penggunaan serta pengoperasian Layanan Kami.

    • Informasi Bukan Rahasia atau Bukan Pribadi. Kami dapat mengungkapkan informasi gabungan dan informasi yang tidak dapat digunakan untuk identifikasi pribadi yang Kami kumpulkan. Pengungkapan tersebut tidak akan mencakup informasi pribadi non-publik mengenai pengguna perorangan.

    • Penyedia Layanan. Kami bekerja sama dengan pihak ketiga untuk membantu Kami dalam penyediaan dan peningkatan Layanan (sebagai contoh, tanpa batasan, perusahaan pemeliharaan, manajemen basis data dan analisis web). Jika pihak-pihak ketiga tersebut menerima informasi personal non-publik mengenai Anda, mereka berkewajiban untuk tidak mengungkapkan atau menggunakan informasi tersebut untuk tujuan apa pun selain menjalankan tugas untuk kepentingan Kami.

    • Kepatuhan terhadap Hukum dan Penegakan Hukum. Bank bekerja sama dengan pemerintah dan aparat penegak hukum serta pihak swasta untuk menegakkan dan mematuhi hukum. Kami akan mengungkapkan informasi apa pun mengenai Anda kepada pemerintah atau aparat penegak hukum atau pihak swasta sebagaimana Kami, atas penilaian Kami sendiri, anggap perlu atau tepat untuk menanggapi klaim dan proses hukum (termasuk tetapi tidak terbatas pada panggilan pengadilan), untuk melindungi hak milik dan hak Bank atau suatu pihak ketiga, untuk melindungi keamanan publik atau orang mana pun atau untuk mencegah atau membatasi apa pun yang Kami anggap sebagai, atau berisiko untuk menjadi, kegiatan melanggar hukum, tidak etis atau yang dapat ditindaklanjuti secara hukum.

    • Pengalihan Usaha. Bank dapat menjual, mengalihkan atau dengan cara apa pun membagikan beberapa atau seluruh asetnya, termasuk informasi yang diidentifikasi dalam Kebijakan Privasi ini, sehubungan dengan suatu penggabungan, pengambilalihan, reorganisasi atau penjualan aset atau dalam hal terjadi kebangkrutan. Setiap pengalihan atas Informasi Anda sebagai akibat dari adanya penggabungan, pemisahan, pengambilalihan, dan/atau peleburan akan dilakukan dengan tunduk pada ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

  4. Akses ke, atau Pembetulan, Terhadap Informasi Anda

    Anda dapat memperbarui Informasi Anda melalui akun Anda pada Aplikasi Krom secara tepat waktu, jika ada perubahan.

    Jika Anda ingin memperbaiki kesalahan atau memperbarui informasi Anda yang ada pada Kami namun hal tersebut tidak dapat diperbaiki melalui Aplikasi Krom, atau Anda tidak dapat mengakses informasi Anda melalui Aplikasi Krom, mohon kirimkan permintaan Anda ke rincian kontak kami yang tertera di bagian akhir dari Kebijakan Privasi ini.

  5. Penarikan Persetujuan

    Apabila Kami telah mendapatkan persetujuan Anda untuk pengumpulan, penggunaan, atau pengungkapan apa pun seperti yang ditunjukkan di atas, Anda dapat menarik persetujuan Anda atas pengumpulan, penggunaan, atau pengungkapan informasi Anda oleh Kami, dengan memberikan pemberitahuan yang wajar kepada Kami. Jika Anda ingin menarik persetujuan Anda, Anda wajib memberitahukan hal tersebut kepada Kami. Atas permintaan Anda, kami akan berhenti mengumpulkan, menggunakan, atau mengungkapkan informasi Anda, kecuali diwajibkan oleh hukum atau jika Kami memiliki tujuan bisnis atau hukum yang sah untuk mengumpulkan, menggunakan, atau mengungkapkan Informasi tersebut. Harap diperhatikan bahwa dengan menarik persetujuan Anda atas pengumpulan, penggunaan, atau pengungkapan informasi Anda, kami mungkin tidak dapat terus memberikan beberapa Layanan Kami kepada Anda dan Anda setuju bahwa Kami tidak akan bertanggung jawab kepada Anda atas kerugian atau kerusakan yang timbul dari atau sehubungan dengan penghentian Layanan tersebut.

  6. Penghapusan atas Informasi Anda dan Hak Anda

    Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, Anda mungkin memiliki hak untuk meminta Kami menghapus informasi Anda yang kami simpan dari sistem Kami, dan Anda harus memberi tahu Kami di perincian kontak Kami yang tercantum di bagian akhir Kebijakan Privasi ini.

    Atas permintaan Anda, Kami akan berusaha untuk menghapus informasi Anda dari sistem Kami, kecuali jika Kami diizinkan atau diwajibkan oleh hukum yang berlaku untuk melakukan hal yang sebaliknya. Kami juga akan berhenti mengumpulkan, menggunakan, atau mengungkapkan Informasi Anda, kecuali jika diizinkan atau diwajibkan oleh hukum yang berlaku. Harap diperhatikan bahwa dengan meminta Kami untuk menghapus informasi Anda, kami mungkin tidak dapat terus memberikan Layanan Kami kepada Anda termasuk menerima komplain dari Anda di kemudian hari.

    Dalam keadaan tertentu, Anda memiliki hak-hak berdasarkan undang-undang perlindungan data terkait informasi Anda, seperti permintaan untuk mengakses, meminta koreksi, dan menolak pemrosesan. Jika Anda ingin menggunakan salah satu hak yang disebutkan di atas, silakan menghubungi Kami.

    Anda tidak perlu membayar biaya untuk mengakses informasi Anda (atau untuk menggunakan hak-hak lainnya). Namun, Kami dapat mengenakan biaya yang wajar jika permintaan Anda jelas tidak berdasar, berulang, atau berlebihan. Atau, Kami dapat menolak untuk memenuhi permintaan Anda dalam situasi ini.

  7. Penyimpanan atas Informasi Anda

    Kecuali jika Kami menghapus informasi Anda dari sistem Kami setelah menerima permintaan tertulis dari Anda, informasi Anda akan Kami simpan selama akun Anda masih ada dan sesuai kebutuhan untuk menyediakan Layanan Kami kepada Anda. Kami akan:

    1. berhenti menyimpan informasi Anda setelah adanya penarikan persetujuan atau permintaan penghapusan dan/atau pemusnahan atas Informasi Anda dari Anda atau tujuan pengumpulan informasi tidak lagi relevan atau telah terpenuhi seluruhnya;

    2. berhenti menyimpan informasi Anda dalam hal telah melebihi jangka waktu 5 (lima) tahun terhitung sejak tanggal terakhir Anda sudah tidak lagi menjadi pengguna Kami; atau

    3. melakukan upaya yang wajar untuk menghapus sarana yang dapat digunakan untuk mengaitkan informasi tersebut dengan Anda sebagai individu, apabila Kami tidak diizinkan atau diwajibkan oleh hukum yang berlaku untuk menyimpan informasi tersebut.

  8. Perlindungan atas Informasi Anda

    Kami akan melindungi informasi Anda dengan melakukan upaya yang wajar atas kebijakan tunggal dan mutlak Kami, termasuk prosedur fisik, teknis, dan organisasi, untuk mencegah akses, pengumpulan, penggunaan, pengungkapan, penyalinan, modifikasi, pembuangan, atau risiko serupa yang tidak sah. Jika Kami mengalami pelanggaran data yang berkaitan dengan informasi Anda, sejauh yang diwajibkan oleh hukum yang berlaku, Kami akan memberitahu Anda melalui saluran Kami, baik secara langsung maupun tidak langsung, untuk memberi Anda informasi yang cukup mengenai pelanggaran data tersebut dan akan berupaya melindungi Anda dari penyalahgunaan informasi Anda. Meskipun Kami melakukan upaya yang wajar untuk melindungi informasi Anda dari akses, penggunaan, atau pengungkapan yang tidak sah, Kami tidak dapat menjamin keamanan informasi Anda.

    Bank sangat peduli kepada pencurian identitas dan praktik yang sekarang ini dikenal sebagai “pengelabuan (phising)”. Menjaga keamanan informasi untuk membantu melindungi Anda dari pencurian identitas adalah prioritas utama Kami. Kami tidak dan tidak akan, pada waktu kapan pun, meminta informasi kartu kredit, kata sandi masuk ataupun nomor identitas Anda (seperti KTP, SIM atau Paspor) melalui e-mail atau komunikasi telepon yang tidak aman atau tidak resmi.

  9. Hubungan dengan Situs Lain

    Aplikasi Krom dan/atau Layanan yang diberikan oleh Bank ini mungkin berisi tautan ke situs web lain. Anda harus memperhatikan bahwa Kami tidak memiliki kendali atas situs web lain tersebut. Anda setuju bahwa Kami tidak bertanggung jawab atas kebijakan privasi atau praktik situs web lain tersebut dan menyarankan Anda untuk membaca kebijakan privasi setiap situs web yang Anda kunjungi yang mengumpulkan Informasi Anda.

  10. Pengalihan atau Pengakhiran Usaha

    Apabila terjadi perubahan kendali atau kepemilikan bisnis atau grup perusahaan Bank (atau potensi perubahan kendali atau kepemilikan), maka informasi Anda dapat diungkapkan dan dialihkan sebagai bagian dari transaksi atau potensi transaksi. Jika terjadi penghentian bisnis Bank, maka informasi Anda akan dihapus secara permanen dari sistem Kami.

  11. Komplain

    Jika Anda memiliki keluhan terkait perlakuan informasi Anda oleh Kami, silakan hubungi Kami. Kami akan memperlakukan keluhan Anda secara rahasia. Kami akan menghubungi Anda dalam waktu yang wajar setelah menerima keluhan Anda untuk mendiskusikannya dan menguraikan pilihan-pilihan mengenai bagaimana keluhan Anda dapat diselesaikan. Jika Anda memiliki keluhan terkait perlakuan terhadap informasi Anda yang tidak diselesaikan oleh Kami, Anda dapat mengajukan keluhan kepada otoritas pengatur terkait.

  12. Kontak Detail

    Jika Anda memiliki pertanyaan atau permintaan spesifik terkait dengan Kebijakan Privasi ini dan/atau informasi Anda yang ada pada Kami, mohon untuk dapat menghubungi kontak di bawah ini:

    Telepon: 021-50996920

    Email: support@krom.id

    Layanan chat di Aplikasi Krom

    Kebijakan Privasi ini telah disesuaikan dengan dan tunduk pada hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, termasuk ketentuan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan. Dalam hal terdapat ketentuan peraturan perundang-undangan yang mewajibkan Bank atau Anda melakukan penyesuaian atau melakukan tindakan tertentu terkait dengan suatu tindakan dalam Kebijakan Privasi ini, ketentuan tersebut dianggap telah tercantum dalam Kebijakan Privasi ini dan secara otomatis berlaku terhadap aktivitas tersebut dan wajib dilakukan oleh Bank atau Anda.

Terakhir diperbarui: 7 September 2023