Syarat & Ketentuan

Syarat dan Ketentuan

Syarat dan Ketentuan

Syarat dan ketentuan berikut ini (“Syarat dan Ketentuan“) menetapkan syarat dan ketentuan yang relevan dengan penggunaan produk, fasilitas, maupun layanan perbankan, termasuk semua fitur dan fungsi terkaitnya (“Layanan“) yang disediakan oleh PT Krom Bank Indonesia Tbk, suatu bank umum yang didirikan berdasarkan hukum Republik Indonesia (“Bank” atau “Kami” atau β€œKrom”) kepada setiap individu yang memiliki rekening di Bank dan/atau menggunakan Layanan yang disediakan oleh Bank (“Nasabah” atau “Anda“) pada aplikasi mobile Bank yang diunduh dan terpasang pada smartphone Nasabah (“Aplikasi Krom“).

Dengan menyetujui ketentuan-ketentuan di sini, atau dengan mengakses, melihat atau menggunakan Layanan, Anda dengan ini setuju untuk menerima, tunduk pada dan menjadi terikat dengan Syarat dan Ketentuan ini yang berlaku sebagai kewajiban hukum mengikat Anda dengan Kami, Kebijakan Privasi Kami (selanjutnya disebut sebagai β€œKebijakan Privasi”), dan Perjanjian Penggunaan (selanjutnya disebut sebagai β€œPerjanjian Penggunaan”) yang dapat diakses di situs web resmi Bank atau di Aplikasi Krom (selanjutnya Syarat dan Ketentuan, Kebijakan Privasi, dan Perjanjian Penggunaan bersama-sama disebut sebagai β€œKebijakan Krom”). Kebijakan Krom dapat diubah sewaktu-waktu oleh Kami dengan mengumumkan perubahan tersebut pada situs web atau Aplikasi Krom, dan setiap perubahan tersebut akan menjadi efektif dan mengikat Anda setelah adanya pemberitahuan tertulis kepada Anda dengan cara yang Kami anggap sesuai dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Anda dapat memastikan perubahan atas Kebijakan Krom dengan mengunjungi masing-masing halaman yang mengatur mengenai Kebijakan Krom yang relevan dari waktu ke waktu. Setiap ketentuan pada Kebijakan Krom yang diubah berlaku atas penggunaan Layanan oleh Anda tanpa memerlukan persetujuan lebih lanjut, kecuali jika perubahan dimaksud memerlukan persetujuan Anda terlebih dahulu sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Jika Anda tidak menyetujui Syarat dan Ketentuan ini dan/atau Kebijakan Krom lainnya, jangan mengakses, melihat atau menggunakan Layanan. Jika Anda tidak menyetujui perubahan Syarat dan Ketentuan (dan/atau perubahan atas Kebijakan Krom lainnya) di kemudian hari, maka Anda berhak untuk menarik persetujuan Anda terhadap Kebijakan Krom dengan memberitahukan hal tersebut kepada Kami dan selanjutnya Kami berhak untuk menghentikan Layanan kepada Anda.

Ketentuan sehubungan dengan penggunaan Layanan dalam Syarat dan Ketentuan ini wajib dibaca dan dipahami secara bersamaan, atau menjadi satu kesatuan dengan, Perjanjian Penggunaan yang ditandatangani bersamaan dengan pembukaan simpanan Nasabah dalam bentuk Tabungan, Deposito dan/atau bentuk lainnya yang dipersamakan dengan itu pada Aplikasi Krom (selanjutnya disebut sebagai “Rekening“). Kecuali didefinisikan secara spesifik di dalam Syarat dan Ketentuan ini, istilah yang tidak didefinisikan dalam Syarat dan Ketentuan ini akan mengacu pada istilah yang diatur dalam Perjanjian Penggunaan.

  1. DEFINISI

    Apple App Store” berarti merujuk pada https://www.apple.com/app-store/ termasuk pembaharuannya dari waktu ke waktu, baik yang tersedia pada situs web dan/atau yang tersedia pada ponsel nasabah yang menggunakan mobile operating system (OS) “Apple iOS”.

    β€œGoogle Play Store” berarti merujuk pada https://play.google.com/store/apps termasuk pembaharuannya dari waktu ke waktu, baik yang tersedia pada situs web dan/atau yang tersedia pada ponsel nasabah yang menggunakan mobile operating system (OS) β€œAndroid.

    Instruksi” adalah setiap perintah Nasabah kepada Bank terkait Transaksi yang diterima melalui Media Elektronik maupun non-elektronik yang ditetapkan oleh Bank.

    Kode Sandi” adalah salah satu perlengkapan keamanan yang diberikan Bank kepada Nasabah terkait aktivitas Nasabah untuk masuk ke Aplikasi Krom dan melakukan Transaksi melalui Layanan Elektronik Bank dimana kewenangan penggunaannya hanya ada pada Nasabah. Kode Sandi meliputi antara lain PIN (Personal Identification Number) dan/atau password.

    Layanan Elektronik Bank” adalah Layanan untuk memperoleh informasi dan melakukan komunikasi sesuai ketentuan Bank yang juga memungkinkan Nasabah untuk melakukan Transaksi melalui Media Elektronik yang ditetapkan oleh Bank.

    Media Elektronik” adalah media yang digunakan oleh Nasabah untuk melakukan Transaksi atau menggunakan Layanan Elektronik Bank, termasuk namun tidak terbatas pada smartphone dan/atau media lainnya yang akan ditentukan di kemudian hari oleh Bank.

    Transaksi” adalah Transaksi Keuangan dan Transaksi Non-Keuangan dan/atau transaksi lain yang telah dan/atau akan ditentukan oleh Bank. 

    Transaksi Keuangan” adalah suatu kegiatan yang dilakukan Nasabah pada Rekening yang menimbulkan perubahan terhadap harta atau keuangan Nasabah baik itu bertambah ataupun berkurang.

    Transaksi Non-Keuangan” adalah suatu kegiatan yang dilakukan Nasabah pada Rekening untuk melihat atau mengubah informasi akun Bank yang tidak menimbulkan perubahan terhadap harta atau keuangan Nasabah.

  2. PERSYARATAN DAN TATA CARA PEMBUKAAN REKENING

    1. Calon Nasabah harus memenuhi sejumlah persyaratan berikut untuk dapat membuka Rekening Bank:

      1. Berusia 17 tahun atau lebih;

      2. Memiliki wewenang untuk mengambil setiap tindakan hukum, termasuk menandatangani perjanjian yang mengikat dengan Bank dan tidak dilarang untuk melakukannya berdasarkan hukum yang berlaku;

      3. Warga Negara Indonesia dan tidak memegang kewarganegaraan lain selain Warga Negara Indonesia;

      4. Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP); dan

      5. Memiliki nomor ponsel Indonesia dan alamat e-mail yang aktif.

    2. Dengan melakukan pembukaan Rekening, Nasabah menyatakan bahwa Nasabah telah memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud pada huruf a di atas, dan Nasabah menyatakan bahwa Nasabah tidak memegang kewarganegaraan lain selain Warga Negara Indonesia dan tidak memiliki kewajiban untuk melaporkan dan/atau membayar kewajiban pajak sehubungan dengan penghasilan Nasabah yang disimpan di Bank ke otoritas negara lain (untuk selanjutnya disebut sebagai β€œKewajiban Pajak Luar Negeri”). Nasabah dengan ini membebaskan dan melepaskan Bank dari seluruh tanggung jawab yang timbul sebagai akibat dari pernyataan sebagaimana dimaksud pada butir ini terbukti tidak benar termasuk namun tidak terbatas pada apabila dikemudian hari Nasabah memiliki Kewajiban Pajak Luar Negeri.

    3. Pembukaan Rekening Bank harus dilakukan sendiri oleh Calon Nasabah. Rekening pada Bank hanya dapat dibuka dalam bentuk rekening tunggal atas nama Nasabah sendiri dan tidak dapat dibuka dalam bentuk rekening gabungan.

    4. Pembukaan Rekening hanya dapat dilakukan melalui Aplikasi Krom yang dapat diunduh melalui Google Play Store dan Apple App Store. Dengan demikian, calon Nasabah harus memiliki smartphone dengan kriteria minimum yang dipersyaratkan oleh Bank dan memiliki 1 (satu) nomor ponsel Indonesia yang aktif dan valid khusus untuk 1 (satu) Nasabah agar dapat menerima pesan yang dikirim oleh Bank melalui SMS, WhatsApp atau media komunikasi lain yang akan ditentukan di kemudian hari oleh Bank.

    5. Pembukaan Rekening pada Bank harus melalui proses verifikasi oleh pihak Bank dan Bank berhak untuk menyetujui maupun menolak pembukaan Rekening sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Meskipun calon Nasabah telah mengungkapkan informasi-informasi tertentu (termasuk data pribadi) kepada Bank, tidak ada ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini yang menjanjikan atau menjamin bahwa Pembukaan Rekening akan disetujui oleh Bank. Pembukaan Rekening pada Bank hanya akan berlaku efektif setelah seluruh persyaratan sebagaimana dimaksud pada huruf a dan syarat-syarat lain yang ditetapkan berdasarkan peraturan perundang-undangan telah terpenuhi serta Bank telah memberikan konfirmasi bahwa Rekening berhasil dibuat.

    6. Sebagai bagian dari proses pendaftaran, informasi KTP dalam bentuk foto wajib diunggah dan diajukan pada Bank melalui Aplikasi Krom. Apabila diperlukan, Bank dapat mewajibkan calon Nasabah untuk memberikan informasi NPWP dalam bentuk foto yang diunggah dan diajukan kepada Bank melalui Aplikasi Krom setelah calon Nasabah menyelesaikan proses pendaftaran atau setelah pendaftaran disetujui oleh Bank.

    7. Calon Nasabah dengan ini setuju memberikan kuasa kepada Bank untuk menerima, memperoleh, mencari, dan meminta data, keterangan, informasi, pernyataan, atau dokumen dalam bentuk apa pun dan/atau dari pihak manapun yang diperlukan oleh Bank berkaitan dengan identitas dan/atau kegiatan usaha calon Nasabah untuk tujuan administrasi, penyediaan Layanan Bank, atau tujuan lainnya sehubungan dengan penyediaan Layanan Bank bagi calon Nasabah.

    8. Apabila diperlukan, calon Nasabah dengan ini setuju bahwa calon Nasabah wajib memberikan informasi dan/atau dokumen tambahan yang diminta oleh Bank terkait dengan profil calon Nasabah sehubungan dengan keperluan pembukaan Rekening Bank dan tujuan lainnya sehubungan dengan penyediaan Layanan Bank bagi calon Nasabah.

    9. Bank berhak menolak atau membatalkan permohonan pembukaan atau pembuatan Rekening calon Nasabah dan/atau Layanan Bank dan/atau melakukan pemblokiran terhadap Rekening Nasabah yang ada pada Bank dalam hal, antara lain:

      1. Nasabah tidak memenuhi ketentuan hukum yang berlaku.

      2. Nasabah melanggar salah satu atau beberapa Syarat dan Ketentuan ini.

      3. Nasabah tidak memberikan informasi dan dokumen pendukung sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

      4. Nasabah memiliki sumber dana transaksi yang diketahui dan/atau patut diduga berasal dari hasil tindak pidana atau cara-cara yang melanggar hukum yang berlaku.

      5. Nasabah menggunakan Layanan Bank untuk melakukan suatu tindakan dan/atau transaksi yang berdasarkan pertimbangan Bank tergolong tidak wajar dan/atau yang patut diduga berasal dari hasil tindak pidana dan/atau cara-cara yang melanggar hukum yang berlaku..

      6. Terdapat sengketa di antara ahli waris Nasabah yang meninggal dunia terkait pencairan dana yang pada Rekening Nasabah.

      7. Terdapat permintaan dari bank asal/pengirim dana dikarenakan adanya kesalahan pengiriman dana dan terdapat permintaan pemblokiran dari bank tersebut.

      8. Calon Nasabah termasuk dalam Daftar Terduga Teroris dan Organisasi Teroris (DTTOT) dan Daftar Proliferasi Senjata Pemusnah Massal serta daftar sejenis lainnya yang dikeluarkan oleh lembaga yang berwenang dari waktu ke waktu.

      9. Calon Nasabah tidak memenuhi ketentuan terkait dengan proses identifikasi dan verifikasi calon Nasabah.

      10. Calon Nasabah memberikan data, informasi yang diragukan kebenarannya oleh pihak Bank dan/atau memberikan data/informasi palsu, tidak valid, tidak lengkap, tidak benar, dan/atau menyesatkan dan/atau tidak bersedia memberikan data/informasi yang diminta dan/atau tidak bersedia memenuhi proses verifikasi oleh pihak Bank sesuai dengan peraturan yang berlaku.

      11. Terdapat permintaan tertulis dari aparat penegak hukum dan/atau instansi yang berwenang untuk melakukan pemblokiran dan/atau penghentian Layanan Bank baik sementara atau permanen kepada Nasabah.

      12. Calon Nasabah terkena sanksi screening berdasarkan peraturan yang berlaku di Bank dan/atau sanksi screening pada negara penerima.

    10. Bank berhak untuk tidak memberitahukan alasan penolakan pembukaan/pembuatan Rekening dan/atau Layanan Bank yang diajukan oleh calon Nasabah, dengan tetap tunduk pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

    11. Nasabah wajib melakukan pengkinian data secara berkala apabila terdapat perubahan data Nasabah melalui Aplikasi Krom. Nasabah dengan ini memahami segala risiko yang mungkin timbul akibat kelalaian Nasabah memperbaharui data Nasabah, termasuk namun tidak terbatas pada risiko kerugian baik finansial maupun non finansial yang mungkin terjadi dan dengan ini membebaskan Bank dari segala gugatan/tuntutan dari pihak manapun.

  3. PEMBAGIAN DATA PRIBADI NASABAH KEPADA PIHAK KETIGA

    1. Nasabah dengan ini setuju bahwa selain tunduk pada Kebijakan Privasi, Nasabah setuju bahwa Bank berhak membagikan data pribadi Nasabah kepada pihak ketiga yang telah bekerja sama dengan Bank untuk tujuan identifikasi dan verifikasi calon Nasabah sebagaimana disyaratkan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan tujuan lainnya yang telah disetujui Nasabah.

    2. Nasabah dengan ini setuju dan memberikan kewenangan kepada Bank untuk memberikan data Nasabah dalam hal terdapat permintaan data Nasabah dari instansi terkait antara lain kepolisian, kejaksaan, pengadilan, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kantor Pajak, Otoritas Jasa Keuangan, Bank Indonesia, atau pihak berwenang lainnya.

    3. Nasabah dengan ini setuju untuk menggunakan layanan tanda tangan elektronik dan penerbitan sertifikat elektronik yang disediakan oleh mitra penyelenggara sertifikat elektronik terdaftar yaitu PT Privy Identitas Digital (β€œPRIVY”) dan PT Indonesia Digital Identity (β€œVIDA”) (untuk selanjutnya PRIVY dan VIDA secara bersama-sama disebut sebagai β€œPenyelenggara PSrE”) yang telah bekerja sama dengan Bank.

    4. Nasabah dengan ini setuju untuk mendaftar sebagai pengguna dari setiap Penyelenggara PSrE untuk menggunakan layanan berupa, termasuk namun tidak terbatas pada, layanan tanda tangan elektronik dan penerbitan sertifikat elektronik oleh masing-masing Penyelenggara PSrE.

    5. Sehubungan dengan verifikasi identitas untuk tujuan pembukaan rekening dan penggunaan Layanan di Bank, data pribadi Anda berupa data demografi dan/atau biometrik akan diperiksa kesesuaiannya, oleh VIDA sebagai mitra kami, dengan data yang tercatat pada sistem instansi pemerintahan yang berhak mengeluarkan identitas tersebut. Apabila data data pribadi Anda terverifikasi kesesuaiannya, maka VIDA sebagai penyelenggara sertifikasi elektronik tersertifikasi oleh Kementerian Telekomunikasi dan Informasi, akan menerbitkan sertifikat elektronik sebagai bukti bahwa data pribadi Anda telah diverifikasi dan sesuai dengan data yang tercatat pada sistem instansi yang berhak mengeluarkan identitas tersebut.

      Oleh karenanya, Anda menjamin keakuratan data pribadi yang Anda sediakan dan setuju atas pemrosesan data pribadi Anda tersebut untuk tujuan penerbitan sertifikat elektronik serta layanan lain yang melekat pada sertifikat elektronik yang dilakukan oleh VIDA.

      Nasabah dengan ini telah membaca, memahami, dan setuju untuk terikat pada syarat dan ketentuan layanan penyelenggara sertifikat elektronik yang berlaku dari waktu ke waktu, yang terdapat pada perjanjian kepemilikan sertifikat elektronik (Subscriber Agreement), kebijakan privasi PSrE (CA Privacy Policy), serta pernyataan penyelenggaraan sertifikasi elektronik (Certification Practice Statement) VIDA yang dapat diakses melalui https://repo.vida.id.

    6. Sehubungan dengan huruf d di atas, Nasabah dengan ini telah membaca, memahami, dan setuju untuk terikat pada syarat dan ketentuan penggunaan layanan PRIVY yang berlaku dari waktu ke waktu, sebagaimana terdapat pada Ketentuan Penggunaan | PrivyID .

    7. Nasabah dengan ini setuju dan memberikan kuasa kepada Bank untuk meneruskan data KTP, swafoto (selfie), nomor ponsel dan alamat surel Nasabah sebagai data pendaftaran kepada masing-masing Penyelenggara PSrE yang telah bekerja sama dengan Bank guna memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan, yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggara Sistem dan Transaksi Elektronik, dan Peraturan Kementerian Informasi dan Komunikasi Nomor 11 Tahun 2022 tentang Tata Kelola Penyelenggaraan Sertifikasi Elektronik (termasuk perubahan dan peraturan pelaksananya yang berlaku dari waktu ke waktu).

  4. INFORMASI FITUR, BUNGA, DAN BIAYA LAYANAN

    1. Fitur dan Layanan Aplikasi Krom

      1. Tabungan Utama” merupakan salah satu produk simpanan sebagaimana dimaksud dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku, yang dapat digunakan Nasabah pada Aplikasi Krom untuk melakukan transaksi, seperti transfer dana, pembayaran tagihan listrik, isi ulang pulsa/paket data, isi ulang uang elektronik, atau transaksi lainnya sebagaimana ditetapkan oleh Bank. Anda tidak dapat melakukan penarikan tunai dari Tabungan Utama. Namun demikian, Kami dapat sewaktu-waktu meluncurkan suatu fitur yang dapat membuat Anda dapat melakukan penarikan tunai atas saldo yang terdapat pada Tabungan Utama.

      2. Tabungan” merupakan salah satu produk simpanan sebagaimana dimaksud dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku, yang dapat digunakan Nasabah pada Aplikasi Krom untuk mengalokasikan dana dari Tabungan Utama. Nasabah bebas menyetor dana dari atau ke Tabungan Utama setiap saat tanpa terikat jangka waktu tertentu. Namun demikian, Tabungan tidak dapat digunakan Nasabah untuk melakukan Transaksi Keuangan apa pun. Nasabah dapat membuat lebih dari 1 (satu) Tabungan. Pencairan dana pada Tabungan hanya dapat dilakukan ke Tabungan Utama.

      3. Deposito Berjangka” merupakan salah satu produk simpanan sebagaimana dimaksud dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku, yang dapat digunakan Nasabah pada Aplikasi Krom untuk mengalokasikan dana dari Tabungan Utama. Nasabah dapat berkomitmen untuk mengunci saldo dalam Deposito Berjangka dengan jangka waktu yang telah ditentukan oleh Nasabah pada Aplikasi Krom. Deposito Berjangka tidak dapat digunakan Nasabah untuk melakukan Transaksi Keuangan apa pun. Nasabah dapat membuat lebih dari 1 (satu) Deposito Berjangka. Nasabah tidak dapat menarik saldo dari Deposito Berjangka sebelum jatuh tempo, kecuali dalam jangka waktu tertentu sesuai kebijakan Bank. Pencairan dana pada Deposito Berjangka hanya dapat dilakukan ke Tabungan Utama.

      4. Perbandingan Bunga” merupakan fitur pada Aplikasi Krom yang menyediakan perbandingan perhitungan bunga yang diberikan oleh Bank dengan bank lain. Dengan fitur ini, Nasabah dapat melihat estimasi perolehan bunga di Bank.

      5. Rekap Tabungan” merupakan fitur pada Aplikasi Krom yang memungkinkan Nasabah untuk melihat keseluruhan dana yang dimiliki pada Tabungan Utama, Tabungan, dan Deposito Berjangka.

      6. Transfer” merupakan kegiatan transfer dana sebagaimana dimaksud pada peraturan perundang-undangan yang berlaku, yang dapat digunakan oleh Nasabah melalui Aplikasi Krom untuk memindahkan dana dari Tabungan Utama Nasabah, baik ke Tabungan atau Deposito Berjangka, ke sesama pemilik rekening Bank, maupun ke rekening bank lain.

      7. Top Up dan Tagihan” merupakan fitur pada Aplikasi Krom yang memungkinkan Nasabah untuk melakukan antara lain pembelian isi ulang (top up) pulsa, isi ulang paket data, isi ulang uang elektronik, pembelian token PLN Prabayar maupun pembayaran tagihan melalui Aplikasi Krom.

      8. E-Statement” merupakan fitur pada Aplikasi Krom yang memungkinkan Nasabah untuk melihat riwayat dan aktivitas Transaksi Keuangan Nasabah setiap bulan. Bank menyediakan 1 (satu) e-statement setiap bulannya.

      9. Riwayat Transaksi” merupakan fitur pada Aplikasi Krom yang memungkinkan Nasabah melihat keseluruhan aktivitas Transaksi Keuangan yang sudah dilakukan. Nasabah dapat melihat keseluruhan aktivitas Transaksi Keuangan maupun berdasarkan periode tertentu yang diinginkan oleh Nasabah.

      10. Batas Maksimum Nilai Simpanan” merupakan suatu batas maksimum nilai simpanan masing-masing Nasabah secara gabungan antara produk Tabungan Utama, Tabungan, dan Deposito Berjangka yang dimiliki oleh Nasabah yang bersangkutan yaitu sebesar Rp1.000.000.000,- (satu miliar Ruiah) atau nilai lainnya yang akan ditetapkan oleh Bank dari waktu ke waktu mengikuti kebijakan internal Bank.

    2. Biaya Layanan Aplikasi Krom

      1. Nasabah wajib menanggung seluruh biaya-biaya atas Layanan Bank yang ditawarkan melalui Aplikasi Krom sesuai dengan besaran yang ditetapkan oleh Bank dari waktu ke waktu. Bank berhak untuk mengubah besarnya biaya atas Layanan Bank yang akan diberitahukan oleh Bank kepada Nasabah dalam bentuk dan melalui media/sarana yang tersedia pada Aplikasi Krom Nasabah sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

      2. Biaya transfer dengan menggunakan metode real time online interbank transfer (RTOL) pada Aplikasi Krom adalah sebesar Rp 2.500/transaksi (atau besaran lainnya yang berlaku dari waktu ke waktu), yang akan dikenakan setelah kuota transfer gratis Nasabah telah habis.

      3. Bank tidak mengenakan biaya administrasi bulanan.

    3. Bunga

      1. Tabungan Utama, Tabungan, dan Deposito Berjangka akan diberikan bunga sesuai dengan kebijakan pemberian bunga yang berlaku pada Bank dari waktu ke waktu.

      2. Bank berhak untuk mengubah suku bunga yang akan diberitahukan oleh Bank kepada Nasabah dalam bentuk dan melalui media/sarana yang tersedia pada Aplikasi Krom Nasabah sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

      3. Setiap pendapatan bunga akan dikenakan pajak sesuai ketentuan perpajakan yang berlaku dan akan dibebankan kepada Nasabah. Pajak atas bunga dikenakan bersamaan dengan pemberian bunga. Informasi mengenai tingkat suku bunga yang tersedia pada situs resmi Bank dan/atau Aplikasi Krom merupakan tingkat suku bunga sebelum dipotong pajak sesuai dengan ketentuan perpajakan yang berlaku. Sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, Nasabah dapat dibebaskan dari pengenaan pajak atas bunga apabila total simpanan Nasabah pada Bank dan bank lainnya tidak melebihi nilai Rp7.500.000,- (tujuh juta lima ratus ribu Rupiah). Untuk dapat mendapatkan pembebasan pajak atas bunga ini, Nasabah wajib mengajukan permohonan kepada Bank terlebih dahulu melalui layanan pengaduan resmi yang disediakan oleh Bank dan mengikuti prosedur yang ditetapkan oleh Bank.

    4. Batas Maksimum Nilai Simpanan

      1. Bank berhak menentukan Batas Maksimum Nilai Simpanan. Apabila total saldo simpanan Nasabah telah mencapai Batas Maksimum Nilai Simpanan sebagaimana ditetapkan oleh Bank, maka:

        1. Nasabah yang bersangkutan tidak dapat menerima uang dari pihak manapun ke rekening Bank milik Nasabah. Nasabah memahami bahwa Bank tidak berkewajiban untuk memberitahukan kepada Nasabah mengenai adanya kegagalan pemindahan uang (transfer) dari bank lain kepada akun Krom Nasabah yang disebabkan karena total simpanan Nasabah telah mencapai Batas Maksimum Nilai Simpanan yang berlaku sebagaimana ditetapkan oleh Bank; dan

        2. Nasabah akan tetap mendapatkan Bunga sesuai dengan kebijakan pemberian Bunga yang berlaku sebagaimana ditetapkan oleh Bank yang akan masuk ke rekening Bank Nasabah.

      2. Apabila total saldo simpanan Nasabah tidak mencapai Batas Maksimum Nilai Simpanan, namun terdapat transaksi pemindahan uang (transfer in) ke rekening Bank Nasabah yang dapat menyebabkan nilai Batas Maksimum Nilai Simpanan terlampaui, maka transaksi pemindahan uang (transfer in) tersebut akan secara otomatis dibatalkan oleh Bank seluruhnya sehingga Nasabah tidak menerima transaksi pemindahan uang dimaksud. Nasabah memahami bahwa Bank tidak berkewajiban untuk memberitahukan kepada Nasabah mengenai adanya kegagalan pemindahan uang (transfer in) dari bank lain kepada rekening Nasabah yang diakibatkan karena adanya potensi pelanggaran butir ini.

  5. PENYETORAN DAN PENARIKAN DANA

    1. Penyetoran dan penarikan dana, ke dan dari Rekening Bank, dapat dilakukan dengan metode yang ditentukan oleh Bank dari waktu ke waktu. Untuk transaksi kiriman uang masuk, dana akan dikreditkan ke Rekening Nasabah dan akan masuk ke Tabungan Utama setelah dana efektif diterima oleh Bank sepanjang hal tersebut tidak akan menyebabkan terlampauinya Batas Maksimum Nilai Simpanan.

    2. Untuk setiap kegiatan Transfer yang dilakukan, Nasabah akan dikenakan biaya yang sesuai dengan ketentuan angka 4 (Informasi Fitur, Bunga, dan Biaya Layanan) huruf B Syarat dan Ketentuan ini.

    3. Nasabah tidak dapat melakukan penarikan dana tunai secara langsung atas saldo yang tersimpan dalam Tabungan Utama. Namun demikian, Kami dapat sewaktu-waktu meluncurkan suatu fitur yang dapat membuat Anda dapat melakukan penarikan tunai atas saldo yang terdapat pada Tabungan Utama.

  6. AKSES APLIKASI

    1. Anda menyetujui dan memahami bahwa Aplikasi Krom beserta kontennya ditujukan untuk orang-orang berusia 17 tahun ke atas dan memiliki kecakapan untuk melakukan perbuatan hukum. Anda dengan ini menyatakan bahwa Anda telah berusia 17 tahun ke atas dan memiliki kecakapan untuk melaksanakan kontrak. 

    2. Sesuai dengan persyaratan dari Otoritas Jasa Keuangan dan/atau Bank Indonesia, Anda akan diminta untuk memberikan data, keterangan, informasi dan/atau dokumen lain yang terkait mengenai diri Anda pada saat melakukan pembukaan Rekening di Bank dan/atau mengajukan penggunaan suatu Layanan Bank. Anda memahami dan menjamin bahwa setiap data, keterangan, informasi dan/atau dokumen lain yang Anda berikan untuk keperluan tersebut adalah benar, lengkap, akurat dan tidak menyesatkan, dan Anda bersedia untuk bertanggung jawab sepenuhnya atas kerugian yang timbul akibat ketidakaslian, ketidakabsahan, ketidaklengkapan, dan ketidakbenaran informasi tersebut.

    3. Anda memahami dan menyatakan bahwa:

      1. Bank berhak melakukan pemeriksaan terhadap kebenaran dan keabsahan data, keterangan, informasi dan/atau dokumen yang diberikan oleh Anda melalui Aplikasi Krom untuk melakukan pembukaan Rekening dan/atau mengajukan penggunaan suatu Layanan Bank, dan berhak meminta data tambahan yang diperlukan. Anda setuju bahwa Bank berhak untuk tidak melanjutkan proses pembukaan Rekening dan/atau permohonan penggunaan Layanan Bank apa pun apabila Anda tidak menyerahkan data, keterangan, informasi dan/atau dokumen pendukung yang diminta oleh Bank. 

      2. Bank telah memberikan penjelasan yang cukup mengenai karakteristik Layanan Bank yang akan dimanfaatkan/digunakan oleh Anda dan Anda telah mengerti serta memahami segala konsekuensi atas pemanfaatan Layanan Bank, termasuk manfaat, risiko dan biaya-biaya yang timbul terkait dengan Layanan tersebut.

    4. Sejauh Anda telah memberikan informasi untuk melakukan pembukaan Rekening di Bank dan/atau mengajukan penggunaan suatu Layanan Bank, Anda menyatakan bahwa Anda memiliki semua hak yang diperlukan untuk memberikan informasi yang Anda berikan tersebut kepada Bank melalui Aplikasi Krom.

    5. Semua informasi Anda akan digunakan dan diproses sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, Syarat dan Ketentuan ini, Kebijakan Privasi dan Perjanjian Penggunaan dan syarat dan ketentuan lainnya mengenai produk atau layanan Bank tertentu (apabila ada). Anda mengakui dan menyetujui bahwa akses tidak terbatas terhadap Kebijakan Privasi telah diberikan kepada Anda dan akses terhadap Perjanjian Penggunaan akan diberikan kepada Anda setelah permohonan pembukaan Rekening Anda telah diterima dan disetujui oleh Bank. Anda bertanggung jawab untuk membaca dan memahami Kebijakan Privasi dan Perjanjian Penggunaan. Apabila Anda tidak setuju dengan hal apa pun yang ditetapkan dalam Kebijakan Privasi dan Perjanjian Penggunaan, Anda bertanggung jawab untuk memberitahukan Bank melalui mekanisme pemberitahuan yang tercantum dalam Kebijakan Privasi.

    6. Dengan ini Anda memberikan hak kepada Bank untuk menyimpan dan menggunakan informasi tersebut (baik secara terpisah maupun sebagai suatu keseluruhan dengan informasi yang diberikan oleh Nasabah lain kepada Aplikasi Krom) untuk meningkatkan fitur dan fungsi Aplikasi Krom atau untuk melakukan analisis lain apa pun sehubungan dengan informasi tersebut.

    7. Bank tidak bertanggungjawab dalam bentuk apapun apabila Nasabah tidak dapat menggunakan layanan Bank dan/atau Aplikasi Krom yang disebabkan karena adanya kendala jaringan pada operator seluler Nasabah, kendala jaringan internet Nasabah, tidak tersedianya pulsa atau paket data yang cukup, kendala terkait ponsel atau device Nasabah, tidak mendukungnya operating system (OS) pada device Nasabah, dan/atau kendala-kendala lain yang bukan merupakan bagian dari operasional Bank.

    8. Apabila diperlukan, Anda dengan ini memberikan kuasa kepada Bank untuk memberikan dan/atau membuat tersedianya data pribadi Anda kepada: (i) perwakilan dan/atau perusahaan induk dan/atau pemegang saham dan/atau perusahaan afiliasi Bank dan/atau pihak ketiga yang telah melakukan kerjasama dengan Bank, untuk tujuan administrasi, penyediaan Layanan Bank, atau tujuan lainnya sehubungan dengan penyediaan Layanan Bank dan (ii) regulator terkait, untuk pemenuhan permintaan yang sah atau sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

    9. Terlepas dari ketentuan tersebut di atas, Nasabah dengan ini memberikan kuasa kepada Bank untuk mengungkapkan informasi terkait Nasabah termasuk namun tidak terbatas, informasi atau hal-hal khusus yang berkaitan dengan Rekening dari Nasabah kepada pemegang saham pengendali, anak perusahaan dan afiliasi-afiliasi Bank, dengan tunduk pada hukum yang berlaku, untuk tujuan, apabila ada: (i) pemberian layanan mereka kepada Bank terkait dengan Layanan dan/atau (ii) pemberian atau memfasilitasi layanan-layanan keuangan kepada Nasabah apabila Nasabah memilih untuk menggunakan layanan keuangan yang disediakan oleh pemegang saham pengendali, anak perusahaan, dan/atau afiliasi dari Bank termasuk kegiatan cross selling.

    10. Anda memahami bahwa Anda bertanggung jawab sepenuhnya atas tindakan Anda atau pihak lain yang diberi kuasa oleh Anda pada Aplikasi Krom.

    11. Akses Nasabah terhadap Aplikasi Krom akan otomatis berakhir apabila Rekening Nasabah ditutup atas alasan apa pun. Dalam hal demikian, Anda memahami bahwa Bank dapat menyimpan salinan arsip atas catatan Anda sebagaimana diwajibkan oleh hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, atau sebagaimana diperlukan untuk melindungi hak Bank atau penggunanya yang akan dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan ketentuan Bank yang berlaku. 

  7. INSTRUKSI DIGITAL

    1. Anda akan diminta untuk melakukan otorisasi atas Instruksi yang diberikan kepada Bank dengan menggunakan berbagai jenis informasi keamanan (misalnya Kode Sandi, OTP, dan lainnya). Anda bertanggung jawab sepenuhnya atas penggunaan dan kerahasiaan atas segala jenis informasi keamanan yang digunakan dalam pembukaan/pembuatan Rekening dan/atau Layanan Bank yang diajukan, ataupun melakukan Transaksi. Anda harus memastikan bahwa Anda tidak memberitahukan informasi keamanan tersebut kepada orang lain, termasuk staf Bank.

    2. Setelah melakukan otorisasi, Bank akan menjalankan Instruksi.

    3. Anda memahami dan menyetujui metode pengiriman informasi secara elektronik yang digunakan oleh Bank untuk mengirimkan data atau informasi Anda beserta segala risikonya. Anda dengan ini setuju untuk membebaskan Bank dari segala kerugian yang timbul.

    4. Setiap Instruksi dari Nasabah yang tersimpan pada sistem dan/atau pusat data Bank merupakan data yang benar dan mengikat Nasabah, serta merupakan bukti yang sah atas instruksi dari Nasabah kepada Bank untuk melakukan transaksi dimaksud, kecuali Nasabah dapat membuktikan sebaliknya.

    5. Bank menerima dan menjalankan setiap Instruksi dari Nasabah sebagai Instruksi yang sah berdasarkan penggunaan nomor handphone dan PIN dan/atau Kode Sandi dan/atau one time password. Bank tidak mempunyai kewajiban untuk meneliti atau menyelidiki keaslian maupun keabsahan atau kewenangan pengguna nomor handphone dan PIN dan/atau Kode Sandi dan/atau one time password atau menilai maupun membuktikan ketepatan maupun kelengkapan Instruksi dimaksud. Oleh karena itu, Instruksi tersebut adalah sah dan mengikat Nasabah secara hukum, kecuali Nasabah dapat membuktikan sebaliknya.

    6. Segala transaksi yang telah diinstruksikan oleh Nasabah kepada Bank tidak dapat dibatalkan dengan alasan apapun.

    7. Nasabah sepenuhnya bertanggung jawab atas setiap Instruksi yang diberikan kepada Bank termasuk namun tidak terbatas pada memasukkan nominal transfer, nominal transaksi, nomor rekening tujuan dan dengan ini membebaskan Bank atas setiap kesalahan dari Instruksi yang diberikan oleh Nasabah.

  8. PENGGUNAAN APLIKASI KROM YANG DIIZINKAN

    1. Aplikasi Krom merupakan aplikasi mobile yang dirancang dan tersedia bagi Nasabah untuk dapat menikmati seluruh Layanan perbankan yang disediakan oleh Bank serta melakukan seluruh layanan Transaksi Keuangan dan Transaksi Non-Keuangan, kecuali untuk transaksi tunai. 

    2. Anda menyetujui bahwa Anda akan menggunakan Aplikasi Krom hanya untuk tujuan tersebut di atas dan sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini. Anda akan menggunakan Aplikasi Krom dan informasi apa pun yang tersedia sesuai dengan semua peraturan perundang-undangan yang berlaku.

  9. PENGGUNAAN APLIKASI KROM YANG DILARANG

    Sehubungan dengan penggunaan dan akses Aplikasi Krom beserta konten dan fiturnya, Anda setuju dan berjanji untuk tidak:

    1. Mengunggah, mentransmisikan atau mempublikasikan informasi apa pun atas nama suatu pihak ketiga, termasuk data atau informasi pribadi apa pun dari orang lain selain Anda;

    2. Meniru orang lain;

    3. Mengunggah, mentransmisikan, mengirim e-mail atau mempublikasikan informasi atau materi apa pun yang berbahaya, bersifat mengancam, kasar, memfitnah, tidak pantas, menghina (dalam bentuk apa pun), merupakan pencemaran nama baik atau fitnah, diskriminatif, tidak dapat diterima secara rasial atau etnis atau mengandung pornografi atau mendorong pencucian uang atau perjudian atau dengan cara lain apapun yang melanggar hukum dan peraturan yang berlaku dari waktu ke waktu;

    4. Mengandung konten yang tidak pantas secara ras dan etnis atau mengandung pornografi atau mendukung praktik pencucian uang, pendanaan terorisme, perjudian atau tindakan kejahatan lainnya atau yang melanggar hukum dan peraturan yang berlaku dari waktu ke waktu;

    5. Melanggar privasi seseorang;

    6. Mengunggah, mentransmisikan, mengirim e-mail atau mempublikasikan informasi atau materi apa pun yang berbahaya bagi anak di bawah umur;

    7. Mengunggah, mentransmisikan, mengirim e-mail atau mempublikasikan informasi atau materi apa pun yang mengancam kesatuan, integritas, pertahanan, keamanan atau kedaulatan Republik Indonesia, negara di mana Anda tinggal, atau dari mana Anda mengakses Aplikasi Krom, hubungan baik dengan negara asing, atau ketertiban umum atau menyebabkan hasutan untuk melakukan tindakan apa pun yang secara jelas dianggap sebagai pelanggaran atau mencegah penyelidikan atas pelanggaran apa pun atau menghina negara lain;

    8. Mengunggah, mentransmisikan atau mempublikasikan virus apa pun atau perangkat perusak (malware) lainnya, untuk atau yang dapat merusak, mengganggu, membatasi, menghancurkan atau dengan cara lain mempengaruhi Aplikasi Krom, sistem komputer Bank, atau sistem komputer Nasabah lain atau sistem pihak ketiga;

    9. Mengunggah, mentransmisikan atau mempublikasikan apa pun yang bukan merupakan hak Anda atau materi apa pun yang melanggar hak kekayaan intelektual (dalam bentuk apa pun) dari pihak ketiga mana pun;

    10. Menggunakan Aplikasi Krom dengan cara apa pun yang tidak diizinkan berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini atau dengan cara apa pun yang dianggap tidak sah secara hukum atau tidak etis;

    11. Mengakses Aplikasi Krom dengan cara yang tidak sah, termasuk dengan meretas atau menggunakan informasi masuk dari Nasabah lain atau menggunakan BOT;

    12. Menggunakan Aplikasi Krom untuk tujuan pemasaran apa pun yang tidak sah atau untuk mengirimkan materi atau iklan apa pun yang tidak diminta; dan/atau

    13. Menggunakan Aplikasi Krom untuk tujuan apa pun yang dilarang menurut hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

  10. PEMBLOKIRAN AKUN

    Bank berhak melakukan pemblokiran akun pada Aplikasi Krom Nasabah dan/atau memblokir Rekening dan/atau memblokir Layanan kepada Nasabah baik untuk sementara waktu tertentu atau secara permanen dalam hal terpenuhi salah satu atau beberapa hal yang memberikan hak bagi Bank untuk melakukan pemblokiran sebagaimana diatur dalam hukum yang berlaku dan/atau ketentuan yang berlaku antara Bank dan Nasabah, termasuk Perjanjian Penggunaan.

  11. PENUTUPAN REKENING DAN PENGHAPUSAN AKUN

    1. Nasabah dapat melakukan penutupan Rekening dan penghapusan akun sesuai dengan tata cara yang diatur melalui Aplikasi Krom. Sebelum Bank menyetujui penutupan Rekening Nasabah dan/atau penghapusan akun, Bank berhak untuk melakukan perhitungan kembali atas kewajiban-kewajiban Nasabah yang belum dibayarkan kepada Bank (termasuk mengenakan penalti apabila ada). Nasabah setuju untuk memberikan kepada Bank informasi mengenai rekening bank lain yang akan digunakan untuk menerima dana dari Rekening Nasabah yang ada pada Bank. Nasabah menyetujui bahwa Bank tidak akan memberikan uang dalam bentuk tunai (cash) apabila Nasabah mengajukan penutupan Rekening di Bank.

    2. Sepanjang diperbolehkan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini, Bank akan menghapus seluruh data pribadi Nasabah yang ada pada Bank setelah adanya permintaan tertulis dari Nasabah mengenai permintaan penghapusan akun tersebut.

  12. KEKAYAAN INTELEKTUAL

    Anda setuju dan memahami bahwa:

    1. Konten Aplikasi Krom yang termasuk namun tidak terbatas pada informasi, logo, desain, basis data, pengaturan basis data, antarmuka pengguna, format respons, perangkat lunak, audio, gambar, dan ikon, adalah kekayaan tunggal Bank, pemegang saham pengendali atau pemberi lisensinya. Seluruh kekayaan intelektual di dan pada Aplikasi Krom beserta konten dan fungsinya sepenuhnya merupakan milik Bank, pemegang saham pengendali atau pemberi lisensinya.

    2. Selain hak terbatas untuk mengakses dan menggunakan Aplikasi Krom sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini atas dasar tidak eksklusif dan tidak dapat dialihkan, tidak ada hak lain yang diberikan kepada Anda dalam Aplikasi Krom atau konten dan fungsi apa pun.

    3. Sejauh yang diperlukan, Anda memberikan kepada Bank hak tidak eksklusif, bebas royalti, berlaku di seluruh dunia, dapat dialihkan, dapat disub-lisensi untuk menyimpan, memamerkan, mendemonstrasikan, menampilkan di depan umum, menggunakan, memproduksi kembali, membentuk, dan mendistribusikan konten, postingan, email, pengunggahan, materi, merek dagang, nama dagang, dan setiap kekayaan intelektual Anda yang telah Anda berikan kepada Bank atau pada Aplikasi Krom.

    4. Konten apa pun yang Anda unggah dapat ditampilkan dan diproduksi kembali oleh Bank dengan cara apa pun yang dianggap layak oleh Bank.

    5. Anda tidak berhak untuk membuat salinan atas keseluruhan atau sebagian dari Aplikasi Krom maupun setiap konten di dalamnya.

    6. Setiap pengembangan Aplikasi Krom dan/atau Layanan Bank yang didasarkan pada masukan, komentar, feedback, dan/atau saran dari Nasabah adalah akan sepenuhnya menjadi hak milik Bank.

    7. Anda tidak berhak menghapus, mengubah (termasuk menghapus pemberitahuan hak cipta atau tanda kepemilikan apa pun) bagian apa pun dari Aplikasi Krom kecuali setiap informasi milik Anda.

    8. Anda tidak berhak untuk menggunakan mekanisme pencarian apa pun selain yang sudah tersedia di Aplikasi Krom dan Anda tidak akan menggunakan web-crawler atau alat pengumpulan data apa pun untuk mengumpulkan data dalam bentuk apa pun dari Aplikasi Krom.

  13. SANGGAHAN

    1. Bank tidak menyatakan dengan cara apa pun bahwa:

      1. Informasi, data atau konten Aplikasi Krom bersifat akurat terlepas dari segala upaya Bank untuk memastikan akurasinya;

      2. Aplikasi Krom akan tersedia pada setiap waktu dan akan beroperasi tanpa error atau bahwa akses dan Layanan tidak akan mengalami gangguan;

      3. Aplikasi Krom atau konten apa pun di dalamnya bebas dari virus dan perangkat perusak lainnya; dan

      4. Tunduk pada hukum yang berlaku, dengan ini Bank menyanggah segala jaminan, baik yang diungkapkan maupun tersirat, dalam hubungannya dengan Aplikasi Krom, konten dan fungsinya, termasuk namun tidak terbatas pada jaminan kelayakan untuk diperdagangkan atau kelayakan untuk suatu tujuan tertentu. Apabila hukum yang berlaku tidak mengizinkan sanggahan jaminan sejauh yang dijelaskan di atas, jaminan yang dimaksud disanggah sampai batas maksimal yang diizinkan oleh hukum yang berlaku.

    2. Anda menyetujui dan mengerti bahwa konten dan layanan pada Aplikasi Krom tersedia atas dasar “diterima apa adanya“.

    3. Anda dengan tegas membebaskan Bank dan para direktur, pejabat serta perwakilannya dari biaya, kerugian, kewajiban atau konsekuensi lain apa pun yang disebabkan oleh penggunaan Aplikasi Krom oleh Anda.

    4. Bank memiliki hak untuk menghapus konten apa pun yang diunggah pada Aplikasi Krom dan tidak bertanggung jawab kepada Anda atau pihak ketiga mana pun atas tindakan Bank tersebut.

    5. Aplikasi Krom dapat memuat tautan ke aplikasi pihak ketiga. Bank tidak bertanggung jawab dengan cara apa pun atas konten aplikasi pihak ketiga tersebut dan jika Anda memutuskan untuk menggunakan tautan untuk melihat aplikasi pihak ketiga, Anda melakukannya atas risiko Anda sendiri. Bank tidak mendukung konten atau dengan cara apa pun menyatakan ketepatan atau kebenaran informasi aplikasi pihak ketiga tersebut.

  14. GANTI RUGI

    Anda setuju untuk mengganti rugi dan membebaskan Bank, para direktur, pemegang saham, pejabat, karyawan dan agennya, dari klaim, kerugian, kerusakan atau biaya apa pun yang timbul dari (i) penggunaan Anda atas Aplikasi Krom dan kontennya, (ii) pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini dan Perjanjian Penggunaan oleh Anda atau (iii) tindakan atau kelalaian Anda sehubungan dengan Aplikasi Krom dan penggunaan dari padanya, termasuk namun tidak terbatas pada penyalahgunaan Kode Sandi.

  15. BATASAN TANGGUNG JAWAB

    Tanggung jawab keseluruhan Bank terhadap Anda atau siapapun, baik dalam kontrak, perbuatan melawan hukum, kelalaian atau hal lainnya, yang timbul dengan cara bagaimana pun, baik sehubungan dengan Syarat dan Ketentuan, akses dan penggunaan Aplikasi Krom beserta konten dan fungsinya oleh Anda atau yang dengan alasan apa pun terkait dengan pengoperasian Aplikasi Krom, adalah sebatas kerugian langsung yang benar-benar diderita oleh Anda. Bank dalam hal apa pun tidak bertanggung jawab atas kerugian atas laba (yang diantisipasi maupun nyata), kerugian bisnis, kehilangan reputasi, kehilangan data, kehilangan nama baik, gangguan bisnis apa pun atau kerugian langsung, tidak langsung, khusus, insidental, yang diakibatkan, yang bersifat hukuman, perbuatan melawan hukum atau kerugian lainnya, apa pun penyebabnya, baik kemungkinan kerusakan tersebut sudah diberitahukan kepadanya atau belum.

  16. PERTANYAAN DAN PENGADUAN

    1. Nasabah dapat mengakses Pusat Bantuan di Aplikasi Krom atau melalui website www.krom.id untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait Layanan Bank. 

    2. Nasabah dapat mengajukan keluhan/pengaduan melalui Call Centre Bank di 021-50996920 atau melalui e-mail di support@krom.id atau layanan chat resmi Bank (Live chat di Aplikasi Krom).

    3. Jam operasional layanan pengaduan adalah:

      Hari : Setiap hari termasuk Sabtu, Minggu dan Libur Nasional 
      Jam Operasional : 00.00-23.59 WIB

  17. UMUM

    1. Urutan Keberlakuan: Nasabah setuju bahwa apabila terdapat pertentangan antara salah satu ketentuan yang terdapat pada Syarat dan Ketentuan ini dan Perjanjian Penggunaan, Nasabah memahami dan setuju bahwa syarat dan ketentuan yang berlaku adalah yang terdapat pada Perjanjian Penggunaan terbatas pada hal-hal yang bertentangan tersebut.

    2. Keadaan Kahar (Force Majeure): Dalam hal apa pun, Bank tidak bertanggung jawab atas segala kejadian-kejadian atau sebab-sebab di luar kekuasaan, kemampuan atau kendali Bank, termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, perang, huru-hara, kebakaran, keadaan peralatan, sistem infrastruktur elektronik atau transmisi yang tidak berfungsi, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, kegagalan sistem kliring gangguan sistem perbankan yang menyeluruh dan berdampak luas, tindakan pemerintah atau instansi berwenang, atau hal-hal lain.

    3. Pengesampingan: Tidak ada pengesampingan atas ketentuan apa pun dari Syarat dan Ketentuan ini yang mengikat kecuali ditandatangani dan diberitahukan oleh Bank secara tertulis kepada Anda. Tidak ada pengesampingan atas ketentuan apa pun dari Syarat dan Ketentuan ini yang dianggap atau berlaku sebagai pengesampingan ketentuan lainnya dan tidak ada pengesampingan yang berlaku sebagai pengesampingan yang berlanjut. Dengan ini Anda mengesampingkan klaim Anda di masa kini atau masa mendatang terhadap Bank yang timbul dari penggunaan Aplikasi Krom oleh Anda.

    4. Keseluruhan Perjanjian: Syarat dan Ketentuan ini, Kebijakan Privasi, Perjanjian Penggunaan dan perjanjian lainnya yang Anda masuki dengan Bank sebagaimana berlaku, berlaku sebagai keseluruhan perjanjian antara Anda dan Bank untuk penggunaan Aplikasi Krom. Modifikasi apa pun atas Syarat dan Ketentuan ini bersifat mengikat hanya jika diumumkan pada situs web atau Aplikasi Krom oleh Bank.

    5. Keterpisahan: Jika ketentuan apa pun dari Syarat dan Ketentuan ini diputuskan tidak sah atau tidak dapat diberlakukan, hal tersebut tidak akan mempengaruhi keabsahan atau keberlakuan ketentuan lainnya dari Syarat dan Ketentuan ini, yang akan tetap berlaku sepenuhnya.

    6. Penyelesaian Perselisihan: Nasabah setuju bahwa setiap perselisihan atau perbedaan pendapat yang timbul dari dan/atau berkenaan dengan pelaksanaan Syarat dan Ketentuan ini antara Nasabah dengan Bank akan diselesaikan dengan cara musyawarah. Setiap perselisihan yang tidak dapat diselesaikan secara musyawarah oleh Nasabah dan Bank selama 30 (tiga puluh) hari kalender setelah pertama kali perselisihan tersebut timbul, hanya dapat diselesaikan melalui arbitrase pada Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan (β€œLAPS-SJK”) yang pada tanggal 15 Februari 2023 memiliki alamat terdaftar di Wisma Mulia 2 Lt. 16, Jl. Gatot Subroto No. 42, Jakarta Selatan – 12710 (termasuk setiap penggantinya dari waktu ke waktu) sesuai dengan syarat dan ketentuan yang terdapat pada Peraturan Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan Nomor 02 tentang Peraturan dan Acara Arbitrase (berikut seluruh perubahan dan pengganti atas peraturan tersebut dari waktu ke waktu) (untuk selanjutnya disebut sebagai β€œPeraturan 02”). Para Pihak selanjutnya sepakat bahwa arbiter tidak diberikan kewenangan untuk memberikan putusan berdasarkan keadilan dan kepatutan, sehingga arbiter hanya dapat memberikan putusan berdasarkan kaidah hukum materiil. Para Pihak memahami dan menyetujui bahwa putusan arbitrase yang dikeluarkan oleh LAPS-SJK tidak dapat diajukan banding dan kasasi, dan memiliki kekuatan mengikat dan eksekutorial, serta disamakan dengan putusan hakim yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap. Bahasa yang digunakan selama arbitrase adalah bahasa Indonesia. Kecuali ditentukan lain berdasarkan Peraturan LAPS-SJK Nomor 06 tentang Biaya Layanan Penyelesaian Sengketa (berikut seluruh perubahan dan pengganti atas peraturan tersebut dari waktu ke waktu)(untuk selanjutnya disebut sebagai β€œPeraturan 06”), biaya-biaya arbitrase wajib dibayarkan dengan tunduk pada ketentuan berikut ini:

      1. Dalam hal pemohon arbitrase adalah Bank dan salah satu dari tuntutan yang dimintakan oleh Bank berdasarkan surat tuntutan yang diajukan pada saat permohonan pendaftaran arbitrase dikabulkan oleh arbiter/majelis arbiter, maka biaya arbitrase wajib dibayarkan oleh Nasabah seluruhnya;

      2. Dalam hal pemohon arbitrase adalah Nasabah dan seluruh tuntutan yang dimintakan oleh Nasabah berdasarkan surat tuntutan yang diajukan pada saat permohonan pendaftaran arbitrase dikabulkan/ditolak oleh arbiter/majelis arbiter, maka biaya arbitrase wajib dibayarkan oleh Nasabah seluruhnya;

      Biaya arbitrase di atas adalah terbatas pada biaya-biaya arbitrase sebagaimana diatur dalam Peraturan 06 yaitu terbatas pada: a) biaya permohonan pendaftaran arbitrase; b) biaya administrasi arbitrase; c) honorarium arbiter; d) deposit biaya pemeriksaan.

    7. Hukum yang Berlaku: Syarat dan Ketentuan ini diatur oleh hukum Republik Indonesia. Anda menyetujui secara tidak dapat ditarik kembali wilayah hukum eksklusif dan tempat penyelesaian perselisihan yang kompeten di Indonesia sesuai ketentuan huruf f di atas. Anda setuju dan sepakat untuk mengesampingkan keberlakuan ketentuan Pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata yang mensyaratkan permohonan kepada hakim terlebih dahulu untuk melakukan pengakhiran Syarat dan Ketentuan ini. Dengan demikian, Anda dan Bank setuju bahwa Syarat dan Ketentuan ini dapat diakhiri sesuai dengan syarat dan ketentuan yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini tanpa memerlukan permohonan dan/atau persetujuan dari hakim terlebih dahulu.

  18. PERSETUJUAN TERHADAP SYARAT DAN KETENTUAN

    1. Nasabah dengan ini menyatakan telah memahami sepenuhnya dan menyetujui seluruh Syarat dan Ketentuan sebagaimana tersebut di atas.

    2. Nasabah menyatakan bahwa dengan mencentang (tick mark) bagian dari Syarat dan Ketentuan ini yang berbunyi β€œSaya telah memahami dan menyetujui Syarat dan Ketentuan” maka Nasabah telah memahami dan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini dan oleh karenanya persetujuan tersebut merupakan bukti yang sah dan memiliki kekuatan pembuktian yang sempurna sebagaimana layaknya persetujuan yang diberikan dengan menandatangani Syarat dan Ketentuan ini.

    3. Nasabah dengan ini menyatakan telah membaca, memahami, dan menyetujui syarat dan ketentuan layanan penyelenggara sertifikasi elektronik serta menjamin keakuratan data pribadi Nasabah untuk diproses lebih lanjut oleh VIDA sebagai mitra dari Bank untuk keperluan penerbitan dan pengelolaan sertifikat elektronik.

Syarat dan Ketentuan Nasabah ini telah disesuaikan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan termasuk ketentuan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan.

Terakhir diperbarui: 6 November 2023

PT Krom Bank Indonesia Tbk terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan serta merupakan peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan.