Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Apa itu Krom?

Krom merupakan aplikasi perbankan digital dari PT Krom Bank Indonesia Tbk yang memberikanmu kemudahan untuk mengatur keuangan pribadi dan mengalokasikan tabungan sesuai dengan tujuan keuanganmu. Kamu bisa memenuhi kebutuhan keuanganmu seperti menabung, bertransaksi, dan membuka deposito dengan lebih cepat, mudah, dan fleksibel melalui smartphone-mu.

Apakah ada pembatasan total saldo di Krom?

Kamu bisa memiliki total saldo di Krom hingga Rp1 miliar. Jumlah tersebut mencakup saldo di Tabungan Utama, Tabungan, dan Deposito Berjangka dan tidak termasuk jumlah bunga bergulung.

Apa itu RTOL?

RTOL adalah singkatan dari Real Time Online atau transaksi online yang memungkinkan kamu untuk mengirim dana secara instan. Di Krom, seluruh transaksi menggunakan RTOL.

Apakah Krom sudah diakui oleh OJK/LPS?

PT Krom Bank Indonesia Tbk telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Apakah uang yang saya simpan di Krom dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan?

Uang yang kamu simpan di Krom dijamin oleh LPS, dengan catatan suku bunga yang diterima tidak melampaui nilai penjaminan suku bunga maksimum 4.25% dan jumlah simpanan yang dijamin oleh LPS.

Krom menaati dan mengikuti ketentuan penjaminan simpanan berdasarkan ketentuan penjaminan terkini yang diterbitkan oleh LPS.

Sesuai dengan UU No. 24 Tahun 2004 tentang Lembaga Penjamin Simpanan sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang No. 7 tahun 2009 tentang Lembaga Penjamin Simpanan berikut perubahan-perubahannya dan peraturan-peraturan pelaksanaannya (“UU LPS”) adalah maksimum Rp. 2.000.000.000,- (Dua Milyar Rupiah) per nasabah atau dengan jumlah maksimum penjaminan yang berlaku dikemudian hari yang akan ditetapkan dari waktu ke waktu oleh LPS.

Apa saja keuntungan yang bisa saya dapat di Krom?

Kamu bisa mendapatkan bunga 6% per tahun untuk Tabungan Utama dan Tabungan. Sedangkan untuk Deposito Berjangka, kamu bisa mendapatkan bunga hingga 8.75% per tahun. Selain keuntungan di atas, kamu bisa menikmati keuntungan lain seperti:

  1. Fleksible pilih jangka waktu & bisa cairkan Deposito sebelum tanggal jatuh tempo
  2. Buat hingga 40 Tabungan dan Deposito sesuai kebutuhan
  3. Gratis transfer dan top up 30x per bulan
  4. Bebas biaya admin bulanan
  5. Top up dan bayar tagihan lebih mudah
Apa kelebihan Krom?

Krom memudahkanmu mengelola keuangan dengan lebih fleksibel. Kamu bisa:

  1. Buat banyak tabungan dan mengalokasikannya sesuai dengan tujuan finansialmu
  2. Transfer dan top up, bebas biaya hingga 30x sebulan
  3. Isi saldo dan bayar tagihan dengan lebih nyaman
  4. Tumbuhkan uangmu, dengan bunga tinggi!
  5. Bebas biaya admin!
Apakah data saya aman dengan Krom?

Sebagai aplikasi perbankan digital, Krom selalu memastikan keamanan data pengguna. Krom memastikan semua data yang tersimpan terenkripsi dengan baik dan membatasi perangkat yang terhubung. Krom tidak akan membagikan atau menjual data nasabah ke pihak mana pun, kecuali dibutuhkan oleh regulator atau pihak yang berwenang.

Bagaimana perhitungan bunga tabungan di Krom?

Kamu akan mendapat bunga setiap hari, sesuai dengan nilai akhir saldo di hari sebelumnya. Bunga akan diakumulasikan dan dicairkan setiap tanggal 28 setiap bulannya.

Contoh:

Saldo akhir kamu pada tanggal 1 Agustus adalah Rp100.000.000. Bunga Tabungan adalah 6% p.a. Maka perhitungannya adalah sebagai berikut:

Perhitungan bunga:
6% x 1/365 (periode harian) x Rp100.000.000 = Rp16.438

Perhitungan pajak bunga:
20% x jumlah bunga = Rp3.288

Bunga bersih:
Jumlah bunga – pajak bunga = Rp13.151

Bagaimana perhitungan bunga deposito Krom berdasarkan setoran awal?

Perhitungan bunga deposito dibagi ke dalam 2 kategori setoran awal:
1. Rp100.000-Rp5.000.000
2. >Rp5.000.000

Setoran Awal Rp100.000-Rp5.000.000
Setoran awal depositomu adalah Rp4.000.000 dengan periode jatuh tempo 6 bulan atau 180 hari. Bunga Deposito Berjangka yang kamu dapat adalah 8.00% per tahun. Maka perhitungannya adalah sebagai berikut:

Perhitungan Bunga:
8.00% x 180/365 (periode 6 bulan) x Rp4.000.000 = Rp157.808

Perhitungan Pajak Bunga:
20% x jumlah bunga = Rp31.562

Perolehan Bunga:
Jumlah bunga – pajak bunga = Rp126.246

Setoran Awal >Rp5.000.000
Setoran awal depositomu adalah Rp7.000.000 dengan periode jatuh tempo 6 bulan atau 180 hari. Bunga Deposito Berjangka adalah 8.75% per tahun. Maka perhitungannya adalah sebagai berikut:

Perhitungan Bunga:
8.75% x 180/365 (periode 6 bulan) x Rp7.000.000 = Rp302.055

Perhitungan Pajak Bunga:
20% x jumlah bunga = Rp60.411

Perolehan Bunga:
Jumlah bunga – pajak bunga = Rp241.644

Bagaimana cara mengisi saldo Tabungan Utama di Krom?

Kamu bisa mengisi saldo Tabungan Utama Krom dengan metode transfer online dari bank lain dengan mengikuti langkah berikut:

  1. Dari rekening bank lain pilih menu “Transfer Antar Bank”.
  2. Ikuti petunjuk transfer dari rekening bank pilihan kamu.
  3. Masukkan no. rekening Krom dan jumlah saldo yang kamu inginkan
Apakah ada ketentuan saldo mengendap di Krom?

Di Krom, tidak ada ketentuan saldo mengendap. Kamu bisa membuka rekening dengan saldo Rp0.

Berapa jumlah minimal pengisian saldo di Krom?

Jika kamu mengisi saldo dari sesama rekening Krom, kamu bisa mulai mengisi dari Rp1. Jika kamu mengisi saldo dari rekening bank lain, maka kamu harus mengikuti minimum jumlah transfer bank tersebut.

Apakah ada biaya admin untuk pengisian saldo Krom?

Kamu tidak akan dipungut biaya apa pun jika mengisi saldo dari sesama rekening Krom. Namun, jika kamu mengisi saldo dari rekening bank lain, kamu akan dikenakan biaya admin sesuai kebijakan bank pilihan kamu.

Apakah ada pajak yang dikenakan terhadap perolehan bunga di Krom?

Ada. Pajak yang dikenakan adalah 20% dari perolehan bunga, baik bunga Tabungan Utama, Tabungan, maupun bunga Deposito Berjangka.

Apakah Krom menyediakan e-statement bulanan?

Tentu saja. Krom menyediakan e-statement dengan periode yang bisa kamu pilih. Kamu juga bisa mendownload e-statement dan membagikannya melalui aplikasi lain.

Apa itu "Riwayat Transaksi"?

“Riwayat transaksi” adalah seluruh transaksi yang pernah terjadi di akunmu. Riwayat transaksi bisa kamu lihat di masing-masing Tabungan atau Deposito Berjangka. Kamu juga bisa melihat secara menyeluruh di menu Tabungan.

Apa perbedaan "E-statement" dan "Riwayat Transaksi"?

Perbedaan yang paling terlihat dari riwayat transaksi dan e-statement terletak pada bentuknya. E-statement berbentuk dokumen PDF dan bisa kamu download, sedangkan riwayat transaksi berbentuk daftar interaktif dan tidak bisa kamu download. E-statement mencakup informasi transaksi per bulan, sedangkan riwayat transaksi mencakup keseluruhan transaksimu.

Apa itu fitur "Rekap Tabungan"?

“Rekap Tabungan” adalah salah satu fitur Krom yang memudahkanmu melihat keseluruhan dana yang kamu miliki di Krom dengan lebih cepat dan mudah. Fitur ini terletak di menu “Lainnya”.

Apa itu fitur "Perbandingan Bunga"?

“Perbandingan Bunga” adalah fitur yang menyediakan perbandingan perhitungan bunga ketika kamu menabung di Krom dan di bank lain. Dengan fitur ini, kamu bisa melihat estimasi perolehan bunga atas uang yang kamu tabung dalam periode tertentu.

Apa itu "Inbox"?

“Inbox” adalah menu di mana kamu bisa melihat pemberitahuan dari aktivitas transaksi maupun promosi dari Krom.

Apa itu "Nilai Kami"?

“Nilai Kami” adalah bentuk dukunganmu terhadap Krom dengan memberikan penilaian dan masukan. Krom membutuhkan penilaian dan masukan darimu untuk terus berkembang dan berinovasi. Dengan penilaianmu, kami bisa terus meningkatkan layanan Krom.

Apakah saya bisa menghubungi Krom Support melalui chat?

Tentu saja. Kamu bisa menghubungi Krom Support melalui chat langsung dari aplikasi Krom dengan mengikuti langkah berikut:

  1. Pilih menu “Lainnya”, lalu ketuk “Pusat Bantuan
  2. Di submenu “Hubungi Kami” kamu bisa pilih “Chat”
  3. Kamu akan masuk ke halaman chat dan bisa langsung bertanya kepada agen Krom Support.
Bagaimana jika kuota transaksi gratis saya sudah habis?

Jika kuota transaksi gratismu sudah habis sebelum 1 bulan, maka transfer antar bank akan dikenakan biaya Rp2.500/transaksi, transaksi pembayaran tagihan dan top up akan dikenakan biaya bervariasi tergantung jenis layanan. Sedangkan untuk transfer sesama Krom, tidak akan dikenakan biaya apa pun.

Kamu bisa selalu mengecek kuota transfer gratis di menu “Lainnya” ya.

Apakah ada biaya layanan bulanan di Krom?

Ketika kamu menggunakan Krom, kamu tidak akan dikenakan biaya layanan bulanan sepeser pun.

Apakah Krom memiliki media sosial?

Tentu saja. Krom memiliki beberapa media sosial yang dapat kamu ikuti untuk mendapatkan informasi dan promosi terbaru dari Krom:

  1. Instagram: @krom.bank
  2. TikTok: @krom.bank
  3. Facebook: Krom
Apakah ada biaya penutupan rekening di Krom?

Ada. Kamu harus memiliki sisa saldo sebesar Rp10.000 sebelum menutup rekening Krom-mu.

Apa yang akan terjadi jika saya tidak memiliki transaksi dalam kurun waktu 1 tahun?

Jika kamu tidak memiliki aktivitas transaksi dalam kurun waktu 1 tahun, maka akunmu akan dianggap dormant atau tidak aktif. Akun yang berstatus dormant, masih bisa mengakses aplikasi Krom, namun tidak dapat melakukan transaksi.

Apakah saya bisa mengaktifkan kembali akun dormant saya?

Tentu saja. Kamu bisa menghubungi Krom Support di email support@krom.id atau di nomor 021-5099-6920 untuk mengaktifkan kembali akunmu.

Bagaimana cara melakukan verifikasi NPWP?

Untuk melakukan verifikasi NPWP, kamu bisa mengikuti langkah berikut:

  1. Pilih menu “Lainnya”
  2. Klik submenu “Verifikasi NPWP”
  3. Ambil foto NPWP-mu dengan jelas
  4. Masukkan no. NPWP dengan format yang benar
  5. Klik tombol “Kirim”
Apakah saya bisa melewati proses verifikasi NPWP di registrasi?

Ya, kamu bisa melewati proses verifikasi NPWP di bagian registrasi, terlebih jika kamu tidak sedang membawa NPWP. Tapi, jika kamu memegang atau membawa NPWP, kamu bisa langsung memverifikasi NPWP-mu.

Mengapa saya diminta memverifikasi ulang NPWP saya?

Verifikasi ulang NPWP disebabkan oleh data yang kamu kirim sebelumnya belum dapat diverifikasi. Sehingga, kamu diminta untuk memasukkan ulang datamu agar dapat terverifikasi dengan baik. Pastikan NPWP yang kamu gunakan merupakan NPWP pribadimu.

Bagaimana cara mendaftar akun Krom?

Kamu bisa mendaftar akun Krom dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Install aplikasi Krom dari Google Playstore
  2. Kamu bisa mendaftar menggunakan no. handphone dan mengisi data diri sesuai panduan di aplikasi Krom.
  3. Setelah akunmu diverifikasi, kamu bisa mengaktivasi akunmu dengan memilih no. rekening dan mengatur PIN
  4. Akun Krom-mu siap untuk digunakan
Apa spesifikasi minimum smartphone yang harus saya miliki?

Untuk menggunakan Krom, spesifikasi minimum smartphonemu adalah Android versi 6.0.

Apa saja syarat untuk mendaftar Krom?

Untuk mendaftar Krom, kamu wajib memenuhi persyaratan berikut:

  1. Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Memiliki KTP asli
Bagaimana jika saat pendaftaran saya tidak menerima OTP?

Kamu bisa meminta kode verifikasi baru dengan menekan tombol “Kirim Ulang”. Jika kamu telah salah memasukkan kode OTP sebanyak 3 kali akunmu akan terblokir sementara selama beberapa menit. Kamu bisa menunggu dan mencoba lagi setelah akunmu kembali seperti semula. Pastikan untuk memasukkan kode OTP dengan benar ya.

Bagaimana agar foto selfie saya berhasil?

Untuk mengambil foto selfie yang baik dan benar, kamu harus memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Pastikan wajahmu berada di dalam lingkaran panduan
  2. Pastikan wajahmu menghadap lurus ke kamera
  3. Pastikan wajahmu tidak tertutup rambut, kacamata, masker, atau topi
  4. Pastikan kamu mengambil foto selfie dengan posisi handphone secara vertikal
  5. Pastikan selfiemu tidak blur
  6. Pastikan kamu memiliki pencahayaan yang bagus
Bagaimana agar foto KTP saya berhasil?

Untuk mengambil foto KTP yang benar, kamu harus memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Pastikan KTP-mu berada di dalam outline foto
  2. Pastikan foto yang kamu ambil tidak blur dan terlihat jelas
  3. Pastikan pencahayaan foto tidak terlalu terang atau gelap
Bagaimana cara saya memilih no. rekening?

Ketika kamu melakukan aktivasi akun, kamu akan diminta untuk memilih no. rekening yang disediakan. Namun demikian, kamu juga bisa membuat kombinasi no. rekeningmu sendiri dengan menambahkan 4 digit kombinasi angka.

Angka tersebut akan dikombinasikan dengan susunan yang berbeda. Jika kombinasi angka yang kamu masukkan tidak dapat ditemukan atau sudah habis, maka kamu harus memilih kombinasi no. rekening lain yang disediakan.

Mengapa saya perlu memfoto KTP saya?

Krom membutuhkan foto KTP sebagai verifikasi data diri dan syarat membuka rekening sesuai ketentuan yang berlaku. Tenang saja, semua data yang kamu kirimkan terjamin keamanannya.

Mengapa saya perlu melakukan foto selfie?

Krom membutuhkan foto selfie sebagai verifikasi data diri pengguna. Hal ini untuk memastikan bahwa pendaftar adalah nasabah asli dan data yang diberikan adalah benar dan sesuai ketentuan.

Mengapa saya perlu memasukkan alamat dalam proses pendaftaran Krom?

Krom membutuhkan alamat kamu untuk memudahkan proses korespondensi jika sewaktu-waktu diperlukan.

Berapa lama proses verifikasi akun berlangsung?

Proses verifikasi akun memakan waktu beberapa menit hingga maksimal 24 jam.

Langkah apa saja yang harus saya lakukan setelah akun saya disetujui?

Setelah akunmu disetujui, kamu harus melakukan aktivasi akun dengan memilih no. rekening dan membuat PIN. Setelah itu, kamu bisa langsung menggunakan seluruh layanan Krom.

Mengapa perlu aktivasi akun Krom?

Kamu perlu melakukan aktivasi agar kamu dapat menggunakan seluruh layanan Krom. Dengan melakukan aktivasi kamu dapat memilih no. rekening dan mengatur PIN untuk kemudahan transaksi dan proses autentikasi.

Apa saja langkah aktivasi akun?

Kamu bisa melakukan aktivasi akun dengan menekan tombol “Aktifkan Akun” di Home dan ikuti langkah selanjutnya untuk memilih no. rekening dan membuat PIN.

Kenapa pendaftaran akun saya belum disetujui?

Pendaftaranmu belum disetujui karena:

  1. Data yang kamu kirimkan sudah terdaftar atau sedang dalam proses
  2. Foto KTP atau selfie tidak terbaca dengan jelas
  3. Kamu belum memenuhi kriteria pengguna
Apakah saya masih bisa mendaftar ulang?

Tentu bisa. Kamu bisa mendaftar ulang maksimal hingga 3 kali dalam kurun waktu 30 hari. Sebelum mendaftar ulang, pastikan kamu menyiapkan kelengkapan data dengan baik agar akunmu dapat disetujui.

Apa yang menyebabkan akun saya ditangguhkan sementara?

Akunmu ditangguhkan sementara terkait adanya aktivitas mencurigakan. Hal ini, dilakukan agar bisa dilakukan pengecekan lebih lanjut. Kami akan segera mengaktifkan akunmu jika tidak ditemukan hal yang mencurigakan.

Apa yang harus saya lakukan ketika Krom sedang melakukan pengecekan akun?

Saat Krom sedang melakukan pengecekan akun, kamu tidak harus melakukan sesuatu. Kami akan memberitahukan lebih lanjut terkait pengecekan yang kami lakukan.

Apa saja kegunaan PIN?

PIN yang kamu miliki digunakan sebagai sarana validasi transaksi seperti transfer, top up, hingga pembayaran tagihan.

Apakah ada ketentuan saat mengatur PIN di Krom?

PIN yang kamu buat harus mencakup ketentuan berikut:

  1. PIN harus 6 digit
  2. PIN tidak boleh tanggal ulang tahunmu
  3. PIN tidak boleh berupa angka yang sama (111111)
  4. PIN tidak boleh berupa angka yang berurutan (123456)
  5. PIN tidak boleh berupa pengulangan angka (112233 atau 123123)

Jika PIN yang kamu buat belum sesuai dengan ketentuan, kamu harus mengubah kombinasi PINmu agar dapat menggunakan PIN tersebut.

Bagaimana saya mengubah PIN Krom?

Ikuti langkah berikut untuk mengubah PIN Krom:

  1. Tap icon “Pengaturan” di sudut kanan atas dari menu “Lainnya”.
  2. Pilih “Ubah PIN”.
  3. Masukkan PIN lama kamu.
  4. Masukkan PIN baru dan konfirmasi.
Saya lupa PIN Krom saya. Apa saya bisa mengatur ulang PIN?

Kamu bisa mengatur ulang PIN dengan langkah berikut:

  1. Tap icon “Pengaturan” di sudut kanan atas dari menu “Lainnya”
  2. Pilih “Ubah PIN”.
  3. Pilih “Lupa PIN”.
  4. Masukkan no. handphone dan NIK lalu pilih lewat mana kamu akan menerima OTP.
  5. Masukkan OTP di kolom yang disediakan lalu masukkan dan konfirmasi PIN baru kamu.
Apakah ada ketentuan saat mengatur Password di Krom?

Password yang kamu buat harus mencakup ketentuan berikut:

  1. Huruf kecil
  2. Huruf besar
  3. Angka
  4. Berisi minimal 8 karakter

Jika password yang kamu buat belum mencakup keempat ketentuan di atas, maka kamu harus mengubah kombinasi passwordmu hingga memenuhi ketentuan tersebut.

Bagaimana saya mengubah password?

Untuk mengubah password, kamu bisa mengikuti langkah berikut:

  1. Tap icon “Pengaturan” di sudut kanan atas dari menu “Lainnya”.
  2. Tap “Ubah password”.
  3. Masukkan password lama kamu.
  4. Masukkan password baru dan konfirmasi.
Bagaimana jika akun Krom saya terblokir karena kesalahan password?

Jika akun Krom-mu terblokir karena kesalahan masukan password, maka akunmu akan terblokir sementara. Jika akunmu sudah terblokir dua kali, maka selanjutnya kamu harus menelepon Krom Support untuk mengaktifkan kembali akunmu.

Bagaimana jika saya tidak menerima OTP?

Kamu bisa meminta kode verifikasi baru dengan menekan tombol “Kirim Ulang”. Jika kamu telah salah memasukkan kode OTP sebanyak 3 kali akunmu akan terblokir sementara selama beberapa menit. Kamu bisa menunggu dan mencoba lagi setelah akunmu kembali seperti semula. Pastikan untuk memasukkan kode OTP dengan benar ya.

Bagaimana jika akun Krom saya terblokir karena kesalahan memasukkan OTP?

Jika akun Krom-mu terblokir karena kesalahan memasukkan OTP, maka kamu akan harus menunggu selama beberapa saat sebelum dapat mencoba memasukkan OTP lagi. Pastikan untuk memasukkan kode OTP yang benar agar akunmu tidak terblokir lagi. Jika akunmu sudah terblokir sementara sebanyak dua kali, maka kamu harus menelepon Krom Support untuk mengaktifkan kembali akunmu.

Bagaimana saya mengubah email di Krom?

Untuk mengubah email, kamu dapat mengikuti langkah berikut:

  1. Tap icon “Pengaturan” di sudut kanan atas dari menu “Lainnya”.
  2. Pilih “Ubah email”.
  3. Masukkan password Krom-mu.
  4. Masukkan email baru atau kamu bisa langsung menggunakan email yang terhubung ke perangkatmu dengan menyambungkan akun Google
Bagaimana mengaktifkan fitur login biometrik di Krom?

Untuk menggunakan fitur login biometrik , kamu bisa mengikuti langkah berikut:

  1. Tap icon “Pengaturan” di sudut kanan atas dari menu “Lainnya”.
  2. Tap toggle “Login Biometrik”.
  3. Masukkan PIN Krom-mu.
  4. Letakkan sidik jari di sensor handphone kamu untuk autentikasi sidik jari.
Bagaimana saya mengubah no. handphone?

Untuk mengubah no. handphone, kamu bisa mengikuti langkah berikut:

  1. Tap icon “Pengaturan” di sudut kanan atas dari menu “Lainnya”.
  2. Masukkan no. handphone baru, lalu pilih “Lanjutkan”
  3. Pilih metode verifikasi no. handphone
  4. Masukkan kode OTP
  5. Masukkan password Krom-mu
  6. Lalu masuk kembali dengan memasukkan no. handphone baru
Bagaimana saya mengubah limit Autentikasi Transaksi?

Untuk mengubah limit autentikasi transaksi, kamu bisa mengikuti langkah berikut:

  1. Tap icon “Pengaturan” di sudut kanan atas dari menu “Lainnya”.
  2. Tap “Autentikasi Transaksi”.
  3. Masukkan nominal yang kamu inginkan, lalu ketuk “Ubah Limit”
  4. Masukkan password dan ketuk konfirmasi
Bagaimana jika saya lupa password saya?

Jika kamu lupa password, kamu bisa mengikuti langkah berikut untuk mengatur ulang passwordmu:

  1. Ketuk tombol “Lupa password” di bagian bawah kolom masukan password
  2. Di halaman Atur Ulang Password, masukkan no. handphone, lalu ketuk tombol “Konfirmasi”
  3. Kamu akan menerima OTP verifikasi no. handphone dan diminta memasukkan NIK
  4. Setelah itu, kamu bisa membuat password baru
Apakah saya masih bisa mengubah no. rekening saya di kemudian hari?

Tidak bisa. Kamu hanya bisa memilih dan membuat kombinasi no. rekening saat aktivasi akun Krom saja. Hal ini dilakukan untuk menghindari perubahan data yang terlalu dinamis dan berpotensi penyalahgunaan.

Bagaimana cara keluar dari aplikasi Krom?

Untuk keluar dari aplikasi Krom, kamu bisa langsung menuju menu “Lainnya” dan klik “Keluar” di bagian bawah halaman.

Bagaimana cara saya menutup akun Krom saya?

Kamu bisa menutup akun Krom-mu dengan menghubungi Krom Support dan mengajukan permintaan penutupan akun Krom. Sebelum menutup akunmu, kamu harus memastikan:
1. Tidak ada transaksi pending
2. Tidak ada Tabungan dan Deposito Berjangka yang masih aktif
3. Tidak ada saldo tersisa di Tabungan Utama, selain sejumlah Rp10.000 untuk biaya penutupan akun

Bagaimana jika saya ingin membuka akun Krom saya lagi?

Jika kamu ingin membuka akun Krom kembali, kamu bisa langsung mendownload aplikasi Krom dan melakukan langkah yang sama seperti saat registrasi.

Apakah saya bisa mengelola notifikasi akun saya?

Tentu saja. Kamu bisa mengelola notifikasi akunmu dengan mengikuti langkah berikut:

1. Di menu “Lainnya”, ketuk ikon “Pengaturan” di bagian kanan atas.
2. Pilih submenu “Notifikasi”, lalu pilih notifikasi mana yang ingin kamu matikan.
3. Ketuk “Simpan” lalu pilih “Ya” ketika muncul konfirmasi.
4. Kamu juga bisa mematikan kanal notifikasi yang kamu inginkan.

Apa yang akan terjadi jika saya mematikan notifikasi promosi di Krom?

Jika kamu mematikan notifikasi promosi di Krom, maka kamu akan melewatkan banyak pemberitahuan seputar manfaat dan rekomendasi menarik dari Krom.

Apakah saya bisa menyalakan kembali notifikasi promosi di akun saya?

Tentu saja. Kamu bisa melakukannya dengan langkah yang sama ketika mengelola notifikasi akunmu.

Apakah saya bisa mematikan salah satu kanal informasi saja?

Tentu saja. Kamu bisa mematikan hanya salah satu kanal informasi yang tersedia.

Apakah saya bisa log in akun Krom di 2 perangkat berbeda?

Akun Krom-mu hanya bisa log in di satu perangkat. Jika kamu ingin melakukan log in akun krom di perangkat yang berbeda, maka kamu harus melakukan verifikasi wajah terlebih dahulu.

Bagaimana cara melakukan verifikasi perangkat baru?

Kamu bisa langsung melakukan log in dengan no. handphone yang terdaftar dan melakukan verifikasi wajah.

Bagaimana jika verifikasi wajah saya gagal?

Jika verifikasi wajah yang kamu lakukan gagal, kamu bisa melakukan verifikasi ulang dalam 24 jam atau hubungi Krom Support melalui telepon di 021-5099-6920 atau email di support@krom.id.

Apa itu fitur "Transfer"?

“Transfer” adalah fitur untuk memindahkan saldo dari Tabungan Utama ke rekening lain, baik antar tabungan Krom, sesama rekening Krom maupun rekening bank lain. Kamu bisa melakukan transfer uang ke bank apa pun lewat Krom.

Dengan fitur “Transfer” kamu akan mendapatkan bebas biaya transfer antar bank hingga 30 kali dalam sebulan.

Bagaimana ketentuan transfer gratis di Krom?

Di Krom, kamu akan mendapatkan kuota bebas biaya transfer dan top up dengan ketentuan sebagai berikut:

Limit bulanan: 30x transfer dan top up

Untuk transfer diluar ketentuan tersebut akan dikenai biaya transfer sebesar Rp2.500.

Bagaimana cara melakukan transfer?

Transfer antar Rekening Krom:

  1. Di menu “Home”, ketuk submenu “Transfer”
  2. Pilih Krom sebagai bank tujuan
  3. Pilih aktifkan akses kontak untuk mempermudah transfer dengan no. handphone
  4. Pilih kontak tujuan transfer, no. rekening Krom akan muncul otomatis
  5. Masukkan nominal yang diinginkan, ketuk “Lanjutkan”
  6. Konfirmasi transfer, lalu ketuk “Transfer Sekarang”
  7. Masukkan PIN dan selesai

Transfer antar bank:

  1. Di menu “Home”, ketuk submenu “Transfer”
  2. Pilih bank tujuan
  3. Masukkan no. rekening
  4. Masukkan nominal yang ingin ditransfer
  5. Ketuk “Transfer Sekarang” dan masukkan PIN Krom-mu.

Transfer antar Rekening Krom:

  1. Di menu “Home”, ketuk submenu “Transfer”
  2. Pilih Krom sebagai bank tujuan
  3. Pilih aktifkan akses kontak untuk mempermudah transfer dengan no. handphone
  4. Pilih kontak tujuan transfer, no. rekening Krom akan muncul otomatis
  5. Masukkan nominal yang diinginkan, ketuk “Lanjutkan”
  6. Konfirmasi transfer, lalu ketuk “Transfer Sekarang”
  7.  Masukkan PIN dan selesai

Transfer antar bank:

  1. Di menu “Home”, ketuk submenu “Transfer”
  2. Pilih bank tujuan
  3. Masukkan no. rekening
  4. Masukkan nominal yang ingin ditransfer
  5. Ketuk “Transfer Sekarang” dan masukkan PIN Krom-mu.

Transfer lewat Virtual account (VA):
Untuk melakukan transfer ke rekening lain atau melakukan pembayaran tagihan lewat metode virtual account, kamu bisa mengikuti langkah berikut:

  1. Di menu “Home”, ketuk submenu “Transfer”
  2. Pilih bank tujuan
  3. Masukkan nomor virtual account dan nominal yang ingin kamu kirim
  4. Ketuk “Bayar Sekarang” dan masukkan PIN Krom-mu.

Selanjutnya, jika rekening tujuan sudah masuk dalam daftar transaksi rutin, kamu bisa langsung ketuk rekening tersebut dan lakukan langkah yang sama.
Untuk melakukan transfer ke rekening lain atau melakukan pembayaran tagihan lewat metode virtual account, kamu bisa mengikuti langkah berikut:

  1. Di menu “Home”, ketuk submenu “Transfer”
  2. Pilih bank tujuan
  3. Masukkan nomor virtual account dan nominal yang ingin kamu kirim
  4. Ketuk “Bayar Sekarang” dan masukkan PIN Krom-mu.

Selanjutnya, jika rekening tujuan sudah masuk dalam daftar transaksi rutin, kamu bisa langsung ketuk rekening tersebut dan lakukan langkah yang sama.

Apakah ada limit transaksi minimum dan maksimum di Krom?

Limit per transaksi di Krom adalah sebagai berikut:
1. Antar tabungan:
– Minimum Rp1
– Maksimum tidak ada batasan (sesuai saldo)

2. Antar rekening Krom:
– Minimum Rp1
– Maksimum tidak ada batasan (sesuai saldo)

3. Antar bank:
– Minimum Rp10.000
– Maksimum Rp100.000.000

Apakah ada limit transaksi harian di Krom?

Limit maksimum transaksi harian di Krom adalah sebagai berikut:

  1. Antar Tabungan: Tidak ada batasan (sesuai saldo)
  2. Antar Krom: Tidak ada batasan (sesuai saldo)
  3. Antar bank: Rp1.000.000.000
Mengapa transfer saya gagal?

Transfer yang kamu lakukan bisa gagal karena beberapa hal, termasuk kesalahan sistem saat melakukan transaksi. Tapi tenang saja, jika transaksimu gagal diakibatkan oleh kesalahan sistem, saldomu tidak akan hilang dan terjamin keamanannya.

Untuk meminimalisasi risiko kegagalan transaksi, kamu bisa melakukan hal berikut sebelum melakukan transaksi:

  1. Pastikan koneksi internet stabil
  2. Pastikan saldo rekeningmu mencukupi
  3. Pastikan nomor rekening tujuan sudah benar dan dapat menerima transaksi
Mengapa Krom meminta akses kontak?

Dengan akses kontak, Krom bisa melakukan sinkronisasi data kontak untuk memberikan layanan yang lebih baik terutama dalam hal transfer sesama akun Krom. Sehingga kamu bisa melakukan transaksi cukup dengan no. handphone.

Bagaimana cara saya mengirim bukti transaksi dari Krom?

Kamu bisa mengirim bukti transaksi dengan menekan ikon “Bagikan” di pojok kanan atas halaman detail transaksi. Dari sana, kamu bisa memilih untuk mengirim bukti transaksi melalui aplikasi yang kamu inginkan. Bukti transaksi akan dikirimkan berupa foto.

Bagaimana jika saldo saya kurang saat melakukan transfer?

Jika saldomu kurang saat melakukan transfer, maka secara otomatis transfer akan dibatalkan. Kamu bisa terlebih dahulu mengisi saldo dari rekening bank lain sebelum mencoba lagi.

Layanan top up & tagihan apa saja yang bisa dilakukan dengan Krom?

Krom menyediakan layanan top up & tagihan yang bervariasi, di antaranya:

  1. Pulsa & Paket Data
  2. PLN (Token PLN, Tagihan PLN, dan PLN Non-Taglis)
  3. Internet & TV
  4. E-Wallet
  5. PDAM
Provider apa saja yang terdapat di layanan top up pulsa dan paket data Krom?

Krom menyediakan berbagai jenis provider. Kamu bisa memilih provider dengan mudah dengan memasukkan no. handphone tujuan.

Bagaimana cara top up pulsa dan paket data?

Untuk melakukan top up pulsa dan paket data, ikuti langkah berikut:

  1. Klik ikon layanan yang tersedia di “Home”. Pilih “Pulsa” untuk top up pulsa, dan “Paket Data” untuk top up paket data.
  2. Pilih nominal top up.
  3. Masukkan no. handphone yang ingin kamu top up. Jika tidak mengubah no. handphone, top up akan otomatis diarahkan ke no. handphone yang kamu daftarkan di Krom.
  4. Periksa detail transaksi di halaman konfirmasi.
  5. Masukkan PIN.
  6. Pada halaman detail transaksi, kamu bisa memilih kategori transaksi yang tepat.
Bagaimana cara mengisi ulang Token PLN?

Untuk melakukan isi ulang Token PLN, kamu bisa ikuti langkah berikut:

  1. Klik ikon layanan “PLN” yang tersedia di “Home”.
  2. Pilih layanan “Token PLN” di halaman berikutnya.
  3. Masukkan ID pelanggan.
  4. Pilih nominal yang diinginkan.
  5. Periksa detail di halaman konfirmasi.
  6. Masukkan PIN.
  7. Pada halaman detail transaksi, kamu bisa memilih kategori transaksi yang tepat.
Apakah saya bisa mengisi Token PLN untuk pengguna selain saya?

Tentu bisa, kamu bisa melakukan pembelian Token PLN dengan Krom, selama kamu memiliki ID pelanggan PLN.

Bagaimana cara membayar Tagihan PLN di Krom?

Untuk melakukan pembayaran tagihan PLN, ikuti langkah berikut:

  1. Ketuk ikon layanan yang tersedia di “Home”. Pilih “PLN”.
  2. Di halaman berikutnya, pilih “Tagihan PLN”.
  3. Masukkan ID pelanggan.
  4. Periksa detail pembayaran di halaman konfirmasi.
  5. Masukkan PIN.
  6. Pada halaman detail transaksi, kamu bisa memilih kategori transaksi yang tepat.
Bagaimana cara membayar tagihan PLN Non-Taglis di Krom?

Untuk melakukan pembayaran tagihan PLN Non-Taglis, ikuti langkah berikut:

  1. Ketuk ikon layanan yang tersedia di “Home”. Pilih “PLN”.
  2. Di halaman berikutnya, pilih “PLN Non-Taglis”.
  3. Masukkan no. registrasi.
  4. Periksa detail pembayaran di halaman konfirmasi.
  5. Masukkan PIN
Apakah layanan PLN di Krom dikenakan biaya admin?

Krom mengenakan biaya admin yang bervariasi untuk layanan PLN, sebagai berikut:

  1. Token PLN Rp1.000
  2. Tagihan PLN Rp2.500
  3. PLN Non-Taglis Rp5.000
Layanan e-wallet apa saja yang disediakan Krom?

Krom menyediakan berbagai macam layanan e-wallet seperti; DANA, GoPay, OVO, LinkAja, dan ShopeePay.

Bagaimana cara melakukan top up e-wallet?

Untuk melakukan top up e-wallet, ikuti langkah berikut:

  1. 1. Ketuk ikon layanan yang tersedia di “Home”. Pilih “E-Wallet”
  2. Pilih produk e-wallet.
  3. Masukkan no. handphone yang ingin kamu top up. Jika tidak mengubah no. handphone, top up akan otomatis diarahkan ke no. handphone yang kamu daftarkan di Krom.
  4. Pilih nominal top up yang kamu inginkan.
  5. Periksa detail transaksi di halaman konfirmasi.
  6. Masukkan PIN.
  7. Pada halaman detail transaksi, kamu bisa memilih kategori transaksi yang tepat.
Apakah top up e-wallet di Krom dikenakan biaya admin?

Jika kamu masih memiliki kuota transaksi gratis, maka kamu tidak akan dikenakan biaya admin. Namun jika kuota transaksi gratis kamu sudah habis, kamu akan dikenakan biaya admin sebesar Rp1.500.

Apakah ada limit transaksi top up e-wallet?

Ada. Untuk top up e-wallet, limit gabungan top up dan saldo tersimpan adalah Rp10.000.000. Contoh: jika kamu memiliki saldo sebesar Rp2.000.000, maka untuk top up berikutnya, kamu hanya bisa mengisi maksimal Rp8.000.000.

Apakah saya bisa membayar tagihan PDAM di Krom?

Tentu saja, kamu bisa membayar tagihan PDAM di Krom melalui menu Top Up & Tagihan.

Apakah ada biaya admin untuk pembayaran PDAM di Krom?

Untuk pembayaran PDAM terdapat biaya admin berkisar Rp2.000 hingga Rp4.000 tergantung area tempat tinggalmu.

Bagaimana cara bayar tagihan PDAM di Krom?

Kamu bisa membayar tagihan PDAM di Krom dengan mengikuti langkah berikut:

  1. Dari menu “Home”, pilih “PDAM”
  2. Pilih area PDAM sesuai Kota/Kabupaten
  3. Masukkan ID Pelanggan, lalu tekan “Lanjutkan”
  4. Periksa detail pembayaran di halaman “Konfirmasi”
  5. Masukkan PIN Krom-mu
  6. Pada halaman detail transaksi, kamu bisa memilih kategori transaksi yang tepat.
Kapan saya bisa membayar tagihan PDAM?

Pembayaran tagihan PDAM di Krom bisa kamu lakukan kapan saja setelah tagihan dikeluarkan oleh pihak PDAM Kota/Kabupaten. Namun demikian, beberapa daerah memiliki ketentuan tersendiri terkait waktu pembyaran tagihan. Harap perhatikan hal tersebut sebelum melakukan pembayaran tagihan.

Namun secara umum, batas akhir kamu harus membayar tagihan PDAM adalah pada tanggal 20 setiap bulannya—beberapa PDAM juga menerapkan batas akhir tanggal 25 setiap bulan. Sementara itu, tagihan biasanya akan muncul sekitar tanggal 1 hingga 5 dengan sistem pascabayar.

Apa saja kendala yang mungkin terjadi saat pembayaran PDAM?

Pembayaran tagihan PDAM memiliki jadwal maintenance yang berbeda-beda tergantung daerah. Sehingga, hal ini bisa menyebabkan kendala teknis saat pembayaran tagihan melalui Krom.

Bagaimana cara membayar tagihan internet & TV melalui Krom?

Kamu bisa membayar tagihan internet & TV dengan cara berikut ini:

  1. Klik ikon “Internet & TV” yang tersedia di “Home”
  2. Pilih jenis provider dan masukkan ID Pelanggan, lalu klik lanjutkan
  3. Periksa detail pembayaran di halaman konfirmasi
  4. Masukkan PIN
  5. Pada halaman detail transaksi, kamu bisa memilih kategori transaksi yang tepat
Provider apa saja yang tersedia untuk pembayaran tagihan internet & TV?

Di Krom kamu bisa membayar tagihan internet & TV untuk provider berikut:

  1. My Republic
  2. Biznet Home
  3. Indihome
  4. CBN
  5. Big TV
  6. MNC Vision
  7. Transvision
  8. First Media
  9. K-Vision
  10. MNC Play
Apakah ada biaya admin untuk pembayaran tagihan internet & TV di Krom?

Pembayaran tagihan internet & TV di Krom dikenakan biaya sebesar Rp2.500 untuk provider Indihome dan Rp5.000 untuk provider K-Vision. Sedangkan untuk provider lainnya, tidak dikenakan biaya admin.

Produk tabungan apa saja yang ada di Krom?

Ketika membuat rekening Krom, kamu akan otomatis mendapatkan 1 rekening yang dapat kamu gunakan untuk melakukan transaksi, baik transfer maupun pembayaran.

Krom juga menyediakan 2 produk lain, berupa Tabungan dengan bunga 6% p.a. dan Deposito Berjangka dengan bunga hingga 8.75% p.a. Kamu bisa membuat 20 Tabungan dan 20 Deposito Berjangka dan mengalokasikan dana sesuai dengan tujuan keuanganmu.

Bagaimana cara membuat tabungan baru?

Kamu bisa membuat tabungan baru dengan cara berikut:

  1. Di menu “Home” klik ikon “Buat Tabungan” atau di menu “Tabungan” klik tombol “Buat Baru”
  2. Beri nama tabungan sesuai keinginanmu, lalu klik “Lanjutkan”
  3. Isi saldo awal tabungan dengan nominal yang kamu inginkan (opsional)
  4. Lalu klik “Lanjutkan” dan tabunganmu sudah berhasil dibuat
Berapa jumlah Tabungan yang bisa saya buat di Krom?

Kamu bisa membuat hingga 20 Tabungan dan mengalokasinya sesuai dengan kebutuhanmu.

Apakah saya bisa mengubah nama dan kategori Tabungan saya?

Tentu saja. Kamu bisa mengubah nama Tabungan sesuai dengan keinginanmu dengan fitur personalisasi yang terletak di pojok kanan halaman Detail Tabungan.

Bagaimana cara mengisi saldo Tabungan di Krom?

Kamu bisa mengisi saldo Tabungan, dengan mengikuti langkah berikut:

  1. Dari Tabungan Utama, ketuk “Transfer”
  2. Pilih “Antar Tabungan”
  3. Pilih Tabungan yang ingin kamu isi
  4. Masukkan nominal, lalu ketuk “Pindah Saldo”
  5.  Saldo Tabunganmu berhasil diisi
Berapa jumlah minimal pengisian saldo Tabungan di Krom?

Kamu bisa mulai mengisi saldo Tabunganmu dari Rp1.

Apakah ada biaya admin untuk pengisian saldo Tabungan di Krom?

Tidak, kamu tidak akan dikenakan biaya admin untuk pengisian saldo Tabungan.

Apakah saya bisa menutup Tabungan saya?

Tentu saja. Kamu bisa menutup Tabungan kamu dengan mengetuk ikon di pojok kanan atas halaman Detail Tabungan, lalu pilih opsi “Tutup Tabungan”.

Apa saja keuntungan yang bisa saya dapat dengan membuka Deposito di Krom?

Kamu bisa mendapatkan bunga Deposito hingga 8.75% per tahun. Kamu juga bisa membuka hingga 20 Deposito Berjangka untuk berbagai tujuan finansialmu.

Apakah saya bisa mengubah nama Deposito saya?

Tentu saja. Kamu bisa mengubah nama Deposito sesuai dengan keinginanmu dengan opsi “Personalisasi” yang terletak di pojok kanan atas halaman Detail Deposito.

Bagaimana cara membuat Deposito Berjangka baru?

Kamu bisa membuat Deposito Berjangka baru dengan cara berikut:

  1. Di menu “Home” ketuk ikon “Buat Deposito” atau di menu “Tabungan” ketuk tombol “Buat Baru”
  2. Beri nama deposito sesuai keinginanmu
  3. Isi saldo dengan memasukkan nominal yang kamu inginkan, saldo awal minimum Rp100.000
  4. Tentukan tenor dengan memilih pilihan tanggal jatuh tempo atau dari kalender yang disediakan.
  5. Atur pembaruan dengan geser toggle “Pembaruan otomatis” dan pilih pembaruan sesuai keinginan
  6.  Konfirmasi detail pembukaan depositomu dan selesai
Berapa jumlah Deposito yang bisa saya buat di Krom?

Kamu bisa membuat hingga 20 Deposito Berjangka di Krom dan mengalokasikannya sesuai tujuan keuanganmu.

Apa itu "Pembaruan Otomatis"?

“Pembaruan Otomatis” merupakan skema pembaruan saldo dan bunga dari sebuah deposito. Ketika kamu membuka deposito dengan periode waktu yang diinginkan, kamu harus mengisi saldo awal dan tanggal jatuh tempo. Dengan memilih skema pembaruan, kamu bisa memilih apakah akan memperbarui saldo saja atau memperbarui saldo beserta bunga yang kamu dapat dengan periode jatuh tempo yang sama.

Apakah saya bisa memilih untuk tidak memperbarui Deposito Berjangka saya?

Tentu saja. Kamu bisa memilih untuk mengaktifkan Pembaruan Otomatis atau tidak mengaktifkannya.

Apa saja skema pembaruan Deposito Berjangka di Krom?

Krom menyediakan 2 skema pembaruan:

  1.  Saldo Awal
    Kamu bisa memilih skema ini untuk memperbarui saldo awal dengan tenor yang sama seperti sebelumnya dan mengirimkan bunga ke tabungan utama.
  2.  Saldo Awal + Bunga
    Kamu bisa memilih skema ini untuk memperbarui saldo awal dan bunga yang kamu hasilkan dengan tenor yang sama seperti sebelumnya.
  3.  Non Pembaruan
    Kamu bisa memilih skema ini untuk langsung mengirimkan saldo awal dan bunga ke Tabungan Utama.

Skema renewal ini dapat kamu atur ulang hingga H-1 tanggal jatuh tempo.

Apakah saya bisa mencairkan Deposito saya sebelum jatuh tempo?

Tentu saja, kamu bisa mencairkan dana Depositomu sebelum tanggal jatuh tempo. Namun demikian, perhitungan bunga yang kamu dapat akan disamakan dengan bunga Tabungan, yaitu 6%.

Kapan bunga dan dana Deposito saya dicairkan?

Pencairan bunga dan dana Deposito membutuhkan waktu proses yang bervariasi. Estimasi waktu pencairan dana dimulai setelah pukul 00.00 pada tanggal jatuh tempo. Sehingga waktu penerimaan dana akan bervariasi, namun tetap pada tanggal jatuh tempo sesuai yang kamu tentukan.

Kapan bunga tabungan bisa saya peroleh?

Bunga akan kamu peroleh setiap tanggal 28 dan pada tanggal penutupan tabungan. Perolehan bunga dihitung berdasarkan nilai saldo akhir per periode top up.

Hasil pencarian untuk "" tidak ditemukan

Silakan coba lagi dengan kata kunci yang lain.